Kemitraan BRI dan GIPI Bali

0
561

DENPASAR, Bali, bisniswisata.co.id,- DALAM rangka mendorong kemitraan usaha antara pelaku industri pariwisata dan lembaga keuangan, untuk pengembangan destinasi dan produk wisata, GIPI Bali melakukan kerjasama dengan pihak bank BRI.

Pada penandatanganan naskah kerjasama tersebut, Ketua GIPI Bali IB Agung Partha Adnyana menegaskan, dukungan kemudahan pembiayaan sangat diperlukan industri pariwisata di Bali. “Kita ingin pelaku dari Bali dapat memenangkan tender- tender MICE dari pasar MICE dunia. Pendanaan tidak lagi menjadi kendala,” tegasnya.

Selain kemudahan pendanaan pada sisi pemasaran produk wisata, pelaku usaha di Bali juga memiliki tanggungjawab moral mengembangkan destinasi. Menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri, tidak cukup bermodal lahan, nilai sosial budaya, tetapi perlu dukungan kapital. “GIPI sepakat dengan upaya  pemerintah untuk menggandeng lembaga keuangan. Dengan catatan tidak keluar dari koridor kepariwisataan yang mensejahterakan masyarakat di destinasi wisata,’’ papar Agung Partha.

Seperti diketahui Kementerian Pariwisata telah melakukan kerjasama kemitraan usaha antara pelaku industri pariwisata dan Lembaga Jasa Keuangan dalam rangka mengembangkan destinasi dan industri pariwisata secara optimal.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sepakat dengan usulan Menteri Pariwisata tentang Reksa Dana Pariwisata Terpadu (RDPT) dengan skema pendanaan gabungan dari Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT Fixed Income) dan Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT Private Equity Fund) yang diproyeksikan akan menghimpun dana sebesar Rp 50 Triliun.

“Tinggal kita di daerah menterjemahkannya dengan baik dan benar untuk kebertumbuhan usaha pelaku industri dan perkembangan destinasi,’’ jelasnya menutup pembicaraan. *Dwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.