Kemenpar Gelar Wisata Pengenalan MICE di 4 Kota

0
669

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kementrian Pariwisata menggelar kegiatan Wisata Pengenalan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di 4 kota tujuan wisata MICE. Keemapat kota itu Medan, Palembang, Balikpapan, dan Lombok. Langkah ini dilakukan untuk mendorong tumbuhnya industri MICE di Tanah Air, yang ditetapkan sebagai produk unggulan pariwisata nasional sehingga dapat mendatangkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) serta peningkatan perjalanan wisatawan nusantara (wisnus).

Tazbir, Asdep Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (DP3N) Kementerian Pariwisata mengatakan, kontribusi wisata MICE tahun ini diharapkan akan naik dua kali lipat atau menjadi 10% terhadap target pariwisata nasional yang tahun ini di tetapkan sebanyak 12 juta wisman dan 260 juta perjalanan wisnus di Tanah Air.

“Untuk mewujudkan target tersebut berbagai upaya perlu dilakukan di antaranya melalui kegiatan Wisata Pengenalan MICE di kota-kota yang ditetapkan sebagai destinasi MICE. Pengenalan empat kota ini sudah memiliki sarana dan prasarana MICE, sehingga perlu peningkatan,” kata Tazbir dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi test.test.bisniswisata.co.id, Kamis (23/06/2016).

Dilanjutkan, wisata MICE memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan perjalanan wisnus di dalam negeri terutama dari segmen bisnis dan pemerintah. “Kegiatan MICE dalam negeri terus meningkat terutama terjadi di lingkungan korporasi (bisnis) dan pemerintahan baik yang diselenggarakan sendiri maupun diserahkan kepada event organizer atau PCO (Professional Conference Organizer),” kata Tazbir.

Kepala Bidang Penguatan Jejaring Kemenpar Hidayat mengatakan, Wisata Pengenalan MICE dikemas dalam kegiatan workshop dengan menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi dan praktisi bidang MICE untuk memberikan peningkatan pemahaman kepada para peserta dari berbagai unsur mewakili kalangan akademisi, pelaku bisnis, komunitas, asosiasi, serta pejabat pariwisata daerah yang menggambarkan sebagai kekuatan Penta Helix.

“Usai mengikuti workshop para peserta mendapat kesempatan untuk melakukan kunjungan lapangan melihat ke fasilitas MICE antara lain venue dan tempat konvensi yang ada di daerah, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan bagi mereka untuk lebih aktif dalam mengembangkan wisata MICE di daerahnya,” lontar Hidayat.

Kemenpar telah menetapkan 16 kota sebagai destinasi MICE yakni; Jakarta, Bali (terdiri Denpasar dan Nusa Dua), Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Batam, Medan, Lombok, Bintan, Manado, Solo, Sumatra Barat (terdiri Kota Padang dan Bukit Tinggi) , Palembang, dan Balikpapan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.