Kemenpar Dukung Festival Serambi Mekah di Padang Panjang

0
1712

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Festival Serambi Mekah  (FSM) kembali di gelar di Kota Padang Panjang pada tanggal 1 hingga 4 Oktober 2015 yang dipusatkan di Gelanggang Pacuan Kuda Bancah Laweh (GOR Khatib Sulaiman), Padang Panjang.

Pelaksanaan FSM yang merupakan pelaksanaan ke-9 ini rencananya akan dibuka oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Porbudpar) Kota Padangpanjang, Maiharman menyebutkan, berbagai event akan dilaksanakan dalam kegiatan FSM yang dilaksanakan setiap tahunnya di Kota Padangpanjang dalam menyambut tahun baru Islam.

Disamping sebagai wujud usaha dalam promosi pariwisata dan fasilitasi pertunjukan seni budaya Kota Padang Panjang, festival yang didukung Kementerian Pariwisata ini juga merupakan salah satu upaya Pemko Padang Panjang untuk mewadahi masyarakat kota khususnya para generasi muda kreatif Kota Padang Panjang dalam memancing, menumpahkan, dan menyalurkan kreativitas positif mereka.

Event ini memberikan kesempatan kepada masyarakat Kota Padang Panjang untuk mengadakan berbagai macam perlombaan-perlombaan seni dan kreativitas yang dalam pelaksanaan perlombaannya dikelola secara langsung dibawah binaan dan pengawasan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Panjang.

“Beberapa perlombaan yang akan diselenggarakan oleh komunitas generasi muda-mudi kreatif Kota Padang Panjang pada festival ini diantaranya, Lomba Fashion Show Busana Muslim Modifikasi, Kontes Motor Modifikasi, Festival Band Pelajar, Lomba Mewarnai Tingkat TK, dan berbagai perlombaan lainnya yang mengandung unsur-unsur kreativitas,” ujarnya.

Kota Padang Panjang merupakan Kota Serambi Mekah yang identik dengan budaya Islami termasuk juga dalam hal fashion, masyarakat Padang Panjang dalam kesehariannya rata-rata berpenampilan muslim dan muslimah.

Diharapkan melalui event Lomba Fashion Show Busana Muslim Modifikasi dapat memunculkan desainer-desainer profesional fashion muslim/muslimah dari Kota Padang Panjang sehingga nantinya kota ini dapat menjadi salah satu trendsetter atau pusat mode fashion muslim/muslimah di Indonesia bahkan tingkat internasional.

Kontes Motor Modifikasi merupakan lomba yang diadakan di tingkat nasional. Para pemuda-pemudi kreatif yang mengelola kegiatan ini juga akan menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan otomotif dan juga media otomotif, lebih kepada seni otomotif (modifikasi).

Festival ini juga akan dimeriahkan dengan beberapa kegiatan pameran, seperti pameran UMKM, Tanaman Hias, Animals (reptil), Ikan Hias, pameran batu akik, bazaar promosi multi produk, serta tak ketinggalan Festival Kuliner Tempo Dulu.

Masyarakat Kota Padang Panjang juga disuguhkan beberapa hiburan penampilan seni yaitu, tarian daerah dari beberapa sanggar tari seperti pada acara pembukaan akan ditampilkan tarian massal permainan anak nagari.

Lalu ada penampilan artis penyanyi minang seperti, Ecylia, Windra Idol, Elsa Pitaloka, dan Ajo Buset serta beberapa penampilan dari band-band lokal Kota Padang Panjang, yakni satu diantaranya band legendaris Sumatera Barat yang berdiri sejak 1974, Family Join Band.

Sebagai penutup, band dari ibukota yakni Utopia Band akan tampil di malam Festival Serambi Mekah 2015. (evi)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.