Pariwisata Daerah Maju, Angin Segar bagi UKM

0
244
Wisatawan membeli souvenir buatan UKM (Foto: beritasatu.com)

PEKALONGAN, bisniswisata.co.id: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyatakan bahwa berkembangnya sektor pariwisata daerah akan berdampak positif terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di suatu daerah.

“Di mana daerah pariwisata yang maju maka UKM akan terangkat. Oleh karena, kami berpesan pada Wali Kota Pekalongan yang daerahnya banyak menyimpan potensi agar bisa dikembangkan,” kata Menkop Puspayoga usai membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-43 Kospin Jasa di Pekalongan, Jawa Tengah.

Kendati demikian, kata dia, pengembangan pariwisata tidak akan terlepas dari kondisi keamanan daerah setempat, karena jika kondisi daerahnya kacau maka orang akan enggan berkunjung. “Kenapa di Bali banyak orang berkunjung? karena adanya keharmonisan etnis yang ada di daerah itu,” ucapnya.

Ia mengatakan Kota Pekalongan layak sebagai daerah pariwisata karena masyarakatnya yang harmonis dan potensi yang akan ditawarkan pada pengunjung juga ada yaitu kerajinan batik.

“Inilah, bagaimana (tugas, red) Wali Kota Pekalongan dapat mengembangkan batik karena potensi handycraft maupun batik sudah terkenal di dunia. Bagaimana pemkot membuat orang jika batik adalah (produk) Pekalongan,” tuturnya seperti dilansir laman Antara, Ahad (19/03/2017).

Menkop mengatakan dirinya sering bilang jika batik adalah produk asli dari Jawa, termasuk Kota Pekalongan. “Inilah potensi yang dimiliki Kota Pekalongan. Kendati demikian, kuncinya (Pengembangan pariwisata) adalah adanya keharmonisan masyarakat karena hal itu akan menjadi daya tarik yang luar biasa,” ujarnya.

Menurut dia, kemajuan pariwisata akan berpengaruh terhadap terangkatnya usaha mikro menengah dan dampaknya tentunya keberadaan koperasi akan lebih hidup.

“Kami menilai Kota Pekalongan sangat layak dikembangkan sebagai daerah pariwisata karena banyak menyimpan potensi yang nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.