Keliling Wisata Kota Bogor Kini Dilayani Bus Wisata

0
518

BOGOR, bisniswisata.co.id: Bogor kini memiliki bus wisata. Bus wisata Uncal (Unforgetable City Tour at Loveable City), namanya dan resmi menjalani uji coba sejak Sabtu 7 Januari 2017. Bus wisata berwarna dominan biru cerah itu merupakan fasilitas bagi wisatawan untuk keliling menikmati Kota Bogor, Jawa Barat.

Dalam uji coba, bus wisata tersebut berkeliling dengan rute mulai Balaikota Bogor, Jalan Sudirman, Jalan Ahmad Yani, kemudian kembali lagi ke Jalan Sudirman, Jalak Harupat, Ceremai Ujung, Papandayan, Salak, Pajajaran dan kawasan Tugu Kujang.

Selepas itu, masuk ke Jalan Otto Iskandardinata, Juanda dan kembali lagi ke Balaikota Bogor. Bus berkapasitas 25 orang penumpang tanpa dinding ini, penumpang dapat bersentuhan langsung dengan udara sejuk Kota Hujan.

Selama dalam perjalanan, wisatawan dipandu oleh pemandu wisata sambil memberikan berbagai pengetahuan seputar perkantoran pemerintah, objek-objek heritage, taman, tempat kuliner di Kota Bogor. “Uji coba hari 3 kali putaran,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Ahad (08/01/2017).

Rencananya, Bus Uncal ini akan beroperasi selama dua hari yaitu setiap Sabtu dan Minggu dengan waktu tempuh 3 sampai lima kali perjalanan. “Sementara ini wisatawan tidak dikenakan biaya atau gratis,” ujar Bima.

Untuk mengantisipasi membludak wisatawan lokal maupun luar daerah yang ingin berwisata menggunakan bus wisata ini, pemkot akan menambah empat armada bus. Bus tersebut berasal dari dana corporate social responsibility (CSR). “Tahun ini kita akan tambah empat bus lagi,” kata dia.

Sejak dimulai uji coba Sabtu pagi, banyak warga Bogor yang sudah menunggu untuk mencoba bus wisata tersebut.Salah satunya Rini, warga Ciheuleut Kota Bogor ini. Ia mengaku sudah datang sejak pagi sebelum bus tiba di Balaikota.
Dia sengaja datang bersama dengan kedua putrinya untuk berkeliling Kota Bogor menggunakan bus wisata. “Ini tentu jadi kebanggaan. Dan kita bisa menghibur anak-anak berkeliling pakai bus,” ucap Rini. (*/LEO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.