Keliling Surabaya Bersama Bus Wisata cuma Rp 7.500

0
8933

SURABAYA, test.test.bisniswisata.co.id: Masyarakat yang ingin menikmati wisata Kota Surabaya kini tidak perlu lagi bersusah payah mengeluarkan rupiah terlalu banyak. Cukup datang ke Balai Kota dengan membayar ongkos Rp. 7.500 per orang, Anda bisa wisata keliling Surabaya dengan bus Surabaya Shopping and Culinary Track.

Ini adalah program milik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Surabaya, yang siap mengantar masyarakat berkeliling Kota Surabaya. Bus ini juga berwisata menjelajahi Kota Pahlawan sesuai dengan waktu yang ditentukan sendiri oleh penumpang.

Karina Rachmawati, staf Surabaya Tourism Info Center menjelaskan, masyarakat yang ingin berkeliling dengan naik bus Surabaya Shopping and Culinary Track biasanya memang melakukan pemesanan kursi atau reservasi ke Balai Pemuda sehari sebelumnya. Menurut dia, minat masyarakat tinggi. “Satu bus maksimal menampung 24 orang, dan pasti penuh. Banyak yang enggak kebagian tempat malah,” katanya

Dalam sehari, bus hanya beroperasi selama lima jam sekali jalan. Itu pun hanya tiga hari dalam sepekan, yakni Selasa, Sabtu, dan Minggu. Bus Surabaya Shopping and Culinary Track melalui rute yang berbeda setiap pekannya. Ada empat rute berbeda dalam satu bulan.

Kunjungan Museum menjadi rute yang akan dilalui pada pekan pertama, mengunjungi beberapa museum, seperti Museum Tugu Pahlawan, Museum Kesehatan, dan Museum Bank Indonesia. Pada pekan kedua, rute bus bertema Kunjungan Bahari yang melewati Museum Kapal Selam (Monkasel), THP Kenjeran, dan Sentra UKM Merr.

Rute pada pekan ketiga, menjadikan Military Marine sebagai tema kunjungan. Memilih Monkasel, Monumen Yos Sudarso, Museum Loka Jala Crana, hingga ITC Mega Grosir. Sedangkan rute kunjungan historical pada pekan keempat setiap bulan akan melewati Taman Budaya, BG Junction, Kampung Lawas Maspati, dan Joko Dolog.

Mengingat rute bus Surabaya Shopping and Culinary Track selalu dimulai dari halaman Balai Pemuda, maka Balai Kota dan Museum Surabaya menjadi tujuan wajib di setiap pekannya. Namun, untuk biaya masuk ke tempat kunjungan, tetap dikenakan biaya sesuai dengan harga tiket yang dipatok di masing-masing tempat.

“Sebenarnya kami tidak memaksa jika penumpang tidak ingin masuk ke museum. Tapi karena sudah di tempatnya, kenapa enggak sekalian saja. Enggak mahal biayanya,” kata Karina seperti dilansir laman Tempo.co, Sabtu (10/09/2016).

Beberapa tujuan wisata menjadi referensi saat berwisata di kota Surabaya:

01. Kenjeran Park (KenPark)

KenPark merupakan salah satu ikon wisata di Surabaya. Di dalamnya ada beberapa macam hal menarik seperti kolam renang Waterpark, kelenteng Sanggar Agung, Patung Budha empat wajah, patung Dewi Kwan Im, dan masih banyak lagi. KenPark sendiri seringkali disebut sebagai pantai Kenjeran baru. Letak antara pantai Kenjeran lama dan baru tidak terlalu jauh, kurang lebih 1 km.

02. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Kebun Binatang Surabaya menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang menyenangkan untuk dikunjungi. Selain itu, KBS juga bisa menjadi wisata edukasi karena membantu anak untuk melihat berbagai jenis binatang. Kebun binatang Surabaya (KBS) terletak di Jl. Setail no. 1, tepat di samping patung ikan suro dan buaya yang merupakan ikon kota Surabaya. Dengan harga tiket sebesar Rp 10.000 per orang, pengunjung sudah bisa menjelajah seluruh isi kebun binatang.

03. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark merupakan wahana wisata terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara ini berlokasi di Waterpark Boulevard, Citraland “The Singapore of Surabaya” di bagian Surabaya Barat. Ada berbagai macam wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung di antaranya adalah Roc Thunder Ride, Marina Lagoon, Sinpad Playground, Syracuse Beach, dan Racer Slider. Untuk harga tiket masuk ke wisata ini berbeda hari biasa dan akhir minggu. Harga tiket masuk untuk hari biasa (Selasa-Jumat) sebesar Rp 110.000 dan untuk akhir minggu (Sabtu-Minggu) sebesar Rp 130.000.

04. Museum Tugu Pahlawan Surabaya

Wisata edukasi ini berlokasi di Jalan Pahlawan Surabaya. Bagi Anda yang ingin berlibur sambil belajar tentang sejarah Indonesia, maka wisata edukasi ini sangat cocok untuk dikunjungi. Museum yang diresmikan pada 2000 dan berlokasi di dalam lapangan Tugu Pahlawan ini terkenal sebagai salah satu tujuan wisata Kota Surabaya. Di museum ini rekaman asli pidato Bung Tomo yang berapi-api membangkitkan gelora dan hasrat serta semangat masyarakat akan kemerdekaan dapat didengarkan dari sebuah radio kuno. Museum Tugu Pahlawan buka pada hari Selasa-Jumat dengan jam buka pukul 08.00-14.30, dan Sabtu-Minggu dengan jam buka 08.00-13.30 WIB. Sedangkan untuk harga tiket masuk hanya sebesar Rp 2.000.

5. Wisata Hutan Mangrove

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo ini berlokasi di Jalan Raya Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Dengan berkunjung ke wisata tersebut, Anda bisa menikmati keindahan alam dari rimbunnya Hutan Mangrove. Ada beberapa titik yang dilalui untuk sampai ke lokasi hutan Mangrove. Titik pertama berada di pintu masuk yang dilengkapi dengan pendopo. Untuk bisa melihat kawasan hutan, maka pengunjung harus memakai kapal dengan berjalan ke dermaga. Masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Harga tiket ini sudah termasuk ongkos kapal dan perahu yang mengantar Anda menuju ke hutan.

06. House of Sampoerna

Salah satu tujuan wisata kota Surabaya yang tidak kalah menarik adalah House of Sampoerna. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda tidak perlu membayar uang tiket. Museum ini terletak di Jalan Taman Sampoerna No.6, Krembangan, Pabean Cantikan, Surabaya. Anda dapat melihat secara langsung pembuatan rokok dengan menggunakan peralatan tradisional dan dilakukan oleh ribuan pekerja wanita. Selain itu, museum ini menyimpan berbagai karya seni yang menarik. House of Sampoerna buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 WIB.

07. Jembatan Merah

Jembatan merah juga merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Surabaya. Tempat ini dulunya merupakan tempat para pedagang dari berbagai negara seperti Eropa, Cina dan Arab melakukan transaksi jual beli dan tinggal. Jembatan merah dulunya digunakan sebagai jalur transportasi VOC. Tempat ini juga merupakan tempat terjadinya pertempuran antara pemuda Surabaya dengan pasukan Brigjen Mallaby. Jembatan yang dulunya menggunakan pagar kayu sebagai pembatas, kini sudah menggunakan pagar besi. Walaupun demikian warna merah pada pagar pembatas tetap digunakan untuk mengenang pertumpahan darah yang sudah terjadi dahulu.

08. Monumen Kapal Selam

Monumen kapal selam merupakan sebuah tempat wisata yang didalamnya terdapat berbagai benda bersejarah, mulai dari kapal selam, tank, pesawat tempur dan masih banyak lagi. Benda – benda tersebut merupakan benda bersejarah yang sekarang memang sengaja dipamerkan untuk keperluan edukasi. Dalam museum ini, kapal selam yang dipajang adalah kapal selam Angkatan Laut Armada RI bagian Timur, KRI Pasopati 410.

09. Museum Mpu Tantula

Wisata sejarah selanjutnya adalah Museum Mpu Tantular. Dalam museum ini terdapat berbagai koleksi barang peninggalan bersejarah terutama dari kerajaan–kerajaan terdahulu. Terdapat kurang lebih 1.500 koleksi barang bersejarah dari berbagai kerajaan baik Hindu, Budha maupun Islam. Museum yang buka dari pagi hingga sore ini mematok tarif yang sangat murah. Hanya dengan membayar tiket 4 ribu rupiah untuk orag dewasa dan 3 ribu untuk anak-anak, Anda sudah dapat menikmati suasana ala–ala jaman kerajaan dahulu. (*/T)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.