Kebun Raya Bogor Berlakukan One Stop Service

0
893
Kebun Raya Bogor (Foto: blogpusatpasar.wordpress.com)

BOGOR, test.test.bisniswisata.co.id: Peringati ulang tahun ke-199, Kebun Raya Bogor (KRB) keluarkan kebijakan baru dengan memberlakukan layanan satu pintu atau one stop service untuk memudahkan pengunjung.

“Kami meluncurkan sarana pelayanan publik baru yaitu Visitor Center dengan one stop service,” kata Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) KRB Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Didik Widyatmoko, Ahad (22/5/2016).

Layanan terbaru ini, lanjut dia, dibuat untuk memberikan akses yang lebih mudah bagi publik. Layanan itu, lanjutnya, disediakan baik berupa cetak maupun elektronik.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Enny Sudarmonowati menyatakan pada kesempatan ulang tahun tersebut menjadi momentum yang tepat menjalin kerjasama.

“Kami berharap ada kerjasama-kerjasama lainnya yang dapat meningkatkan kualitas riset dan koleksi KRB akan terus dijajaki dan dijalin lebih luas dengan taraf internasional,” tutur Enny.

Enny menilai KRB harus konsisten untuk menjaga kekayaan tumbuhan di Indonesia secara berkesinambungan. Dia juga menuturkan KRB bisa terus menyelematkan dan mengkonservasi flora nusantara dari kepunahan.

KRB juga meresmikan dua wilayah konservasi baru sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya. KRB meresmikan dua kebun raya baru bekerja sama dengan Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Belitung Timur.

Kebun Raya Bogor, sebuah Kebun Botani besar di Kota Bogor, luasnya mencapai 87 hektaree dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan Pustaka botani. (*/EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.