Kampung Arab Tepi Sungai Musi Jadi Destinasi Baru

0
836
Pariwisata Kota Palembang (Foto: Kompas.com)

PALEMBANG, test.test.bisniswisata.co.id: Kampung Al Munawar di bantaran Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan mayoritas penduduknya merupakan keturunan Arab. Rencananya, kampung tersebut bakal dijadikan salah satu destinasi baru kawasan wisata andalan. Wisatawan maupun pengunjung kini semakin nyaman untuk melihat dan berlama-lama berada di tempat peninggalan bersejarah.

Kampung Al Munawar selama ini sering dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) berencana menata kawasan itu dan menambah fasilitas pendukung.

“Sehingga akan dilengkapi berbagai infrastruktur pendukung untuk dijadikan tempat wisata andalan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Sumsel, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (13/08/2016).

Selama ini masyarakat Kampung Al Munawar rutin mengadakan kegiatan. Seperti saat Gerhana Matahari Total lalu, warga melaksanakan salat gerhana.
Untuk menata kampung tersebut, jajarannya telah menyiapkan dana melalui Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) yang jumlahnya lebih dari Rp 2 miliar selama dua tahun anggaran.

“Ditatanya Kampung Al Munawar karena Sungai Musi dijadikan destinasi wisata bagi wisatawan mancanegara, sehingga harus memikili kekhasan tersendiri,” ucap Irene.

Kampung Arab Al Munawar diperkirakan berusia ratusan tahun. Di pemukiman tersebut terdapat delapan rumah kayu khas Palembang atau limas dan rumah beton bergaya Eropa yang berada di bantaran Sungai Musi. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.