Kab.Pesisir Barat Lampung Gelar Takbir Akbar dan Wakaf 10001 Alquran Jelang Bulan Ramadhan

0
1309

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Setelah sukses memperoleh Rekor Muri Parade Budaya 1001 Bebai Nyincun Pahar yang merupakan pemecah rekor dunia, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung menggelar kegiatan 10001 tebar dan khatam Quran,”  kata Dewi Nurani, Ketua Panitia, hari ini.

Kegiatan bekerjasama dengan Majelis Taklim Lamban Ramdo menggelar 10001 tebar dan khatam Al Quran. Acara menjelang bulan suci Ramadhan ini akan didahului dengan tablik akbar bersama Ustad Solmed dan artis Arzetti yang kini juga menjadi anggota DPR-RI, tambah Dewi Nurani yang juga pimpinan majelis taklim itu.

Tujuan kegiatan adalah mengajak masyarakat untuk cinta membaca Al Quran sehingga di bulan Ramadhan dapat melakukan khatam quran bersama untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT. ” Gerakan Cinta Al- Quran dilakukan dengan membagikan sepuluh ribu satu (10001) Al-Quran ke seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat ini dibagikan melalui 11 kecamatan, 118 dusun, mesjid, sekolah, ponpes, kantor dan instansi pemerintah lainnya,” kata Dewi Nurani.

Menurut dia, saat ini pihaknya baru berhasil mengumpulkan 6000 an Al Quran sehingga masyarakat yang akan berpartisipasi dapat menyalurkan bantuan wakaf Al-Quran atau donasi dana dengan nilai 1 quran= Rp 50.000 yang bisa ditranfer ke Yayasan Majelis Taklim Lamban Ramdo melakui rekening BCA 7510172226.

“ Tablik Akbar di lapangan Merdeka, Labuhan Jukung akan dilaksanakan pada 2 Juni 2016 dengan menghadirkan Ustad Solmed atau bernama asli Sholeh Mahmoed Nasution yang awalnya dikenal setelah menjadi juara umum lomba pidato dan ceramah nasional di masjid Istiqlal. Selain itu ada artis Arzetty Biblina, anggota DPR-RI dari fraksi PKB,”

Pihaknya berharap para perantau di ibukota dan kota lainnya di Indonesia yang berasal dari Kabuparen Pesisir Barat biasa berwisata pulang kampung jelang bulan suci Ramadhan sambil berziarah ke makam orangtua maupun leluhur serta dapat hadir di acara tablik akbar ini sekaligus menjadi ajang silaturahim agar dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk.

Kabupaten Pesisir Barat merupakan sebuah kabupaten termuda di Provinsi Lampung. Kabupaten Pesisir Barat merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat, yang disahkan pada tanggal 25 Oktober 2012.

Kabupaten Pesisir Barat terdiri dari 11 kecamatan dengan ibukota di Krui dan dipimpin oleh Bupati Agus Istiqlal. Dari sebelas kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat tersebut, ada beberapa tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi di antaranya wisatawan mancanegara untuk bersrlancar atau surfing.

Aktivitas surfing dapat dilakukan di Pantai Way Jambu yang berada di desa Way Jambu Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Berjarak sekitar 40 Km atau 1 jam perjalanan dari pusat Kota Krui. Pemandangan yang indah dan udara sejuk masih sangat asri, alami, dan natural. Di sisi lain, kegiatan yang dapat lakukan di Pantai Way Jambu antara lain menyelam, memancing, berselancar, berperahu.

Selain itu juga ada Karang nyimbor merupakan salah satu obyek wisata bahari yang terletak di pekon Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Pantai ini terletak tepat dipinggir jalan Lintas Barat, sekitar 24 Km atau 30 menit dari pusat Kota Krui menggunakan perjalanan darat. Pantai ini sangat banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, dengan ombak yang sangat tinggi. Pantai ini sangat disukai dan sangat cocok untuk melakukan surfing.

Pantai Karang Nyimbor juga merupakan surga bagi para mancingmania. Pantai ini kaya akan ikan laut mulai tuna hingga blue marlin. Juga, sebagai tempat berkemah, apalagi ada cottage yang representatif bahkan alami lantaran bangunannya menyatu dengan alam yang dijuluki mutiara terpendam.

Dewi Nurani mengatakan sebagai Kabupaten yang baru, Bupati Agus Istiqlal tidak ingin warganya hanya sadar wisata tetapi juga selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan sehingga masuknya wisatawan mancanegara dapat dibentengi dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat dan mampu menjadi tuan rumah yang baik.

Kabupaten Pesisir Barat yang merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) baru akan berusia tiga tahun paska pemekarkan dari Kabupaten Lampung Barat dan memiliki banyak keanekaragaman budaya dan adat istiadat yang hingga saat ini masih dijunjung tinggi oleh masyarakat yang dikenal tinggal di Bumi Para Sai Batin ini.

Bulan lalu Kabupaten termuda ini menguatkan sisi seni dan budaya dengan menggelar Parade budaya 1001 Bebai Nyincun Pahar , merupakan pemecah Rekor Dunia, pada Jumat (15/4) Pukul 13.00 WIB. Upaya untuk mendapatkan rekor Muri ini adalah salah satu langkah awal Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat untuk menunjukkan kepada Indonesia bahkan dunia bahwa warisan budaya para leluhur dan potensi wisata yang ada sangat berharga.

Kegiatan 1001 Bebai Nyincun Pahar tersebut merupakan salah satu rangkain Festival Teluk Stabas (FTS) ke-lll yang dihelat dari Tanggal 15 sampai 22 April 2016 melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta termasuk dalam kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pesisir Barat ke-lll yang jatuh pada Kamis (21/4).


“Bebai Nyincun Pahar itu kalau di Bali adalah para wanita yang mengangkat sesaji di atas kepala tetapi di Kota Krui ini yang di junjung adalah penganan untuk dimakan bersama dalam upacara adat melambangkan kebersamaan,” kata Dewi Nurani. (Hilda Ansariah Sabri)

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.