Jumlah Hotel di Pulau Seribu Kurang

0
4506

Jakarta, test.test.bisniswisata.co.id: Pesona alam di Pulau Seribu sangat indah dan elok, mengundang decak kagum para wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung ke Pulau Seribu. Namun nampaknya hal tersebut tidak dibarengi dengan sarana tempat penginapan yang cenderung minim dibandingkan dengan semakin bertambahnya para wisatawan.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu Suwarto mengatakan terlebih lagi saat akhir pekan maupun libur nasional di mana para wisatawan ingin menghabiskan liburannya di Pulau Seribu. Bahkan untuk bisa menginap di Kepulauan Seribu, para calon wisatawan harus memesan tempat penginapan sebulan sebelumnya ke agen perjalanan.

“Sepanjang tahun 2013 tercatat, para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu menembus hingga 1,25 juta orang. Bahkan, sepanjang tahun ini ada sebanyak 894.488 wisatawan baik asing maupun lokal yang berkunjung di Pulau Seribu. Tentu saja jumlah wisatawan tersebut akan terus bertambah. Bahkan di prediksi dapat menembus 2 juta orang yang berkunjung ke Pulau Seribu hingga pergantian tahun nanti,” ujarnya.

Dikatakan, sementara itu, semakin melonjaknya para wisatawan tidak dibarengin dengan jumlah penginapan yang sangat minim di Pulau Seribu. Tercatat hanya terdapat 136 penginapan di Pulau Tidung, 38 penginapan di Pulau Untung Jawa, 34 penginapan di Pulau Pari, 27 penginapan di Pulau Pramuka dan 10 penginapan di Pulau Harapan.

“Apabila ditotal, maka jumlah penginapan di kelima pulau itu mencapai 245 unit. Tiap satu unit penginapan, biasanya terdapat tiga kamar yang mampu diisi oleh 18 orang. Jika dikalkulasikan, maka penginapan di Kabupaten Kepulauan Seribu mampu menampung hingga 4.410 orang per malamnya. Meski demikian angka tersebut belum ditambah dengan jumlah home stay atau rumah penduduk yang disewa ketika jumlah wisatawan membludak,” katanya.

Ditambahkannya,  jumlah penginapan di Kepulauan Seribu tidak bisa menutupi lonjakan wisatawan. Apabila dilihat dari data kami, jumlah penginapan memang kurang memadai untuk wisatawan. Namun bila wisatawannya membludak mereka bisa tinggal di rumah penduduk dengan harga sewa yang telah mereka sepakati bersama. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.