Jepang Tawarkan Kerja Sama Pariwisata Kupang NTT

0
836
Desa wisata Kampung Benah Bejawa NTT belum tersentug digitalisasi (Foto: dians999.wordpress.com)

KUPANG, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Jepang menawarkan kerja sama bidang pariwisata dan ekonomi dengan Pemerintah Kota Kupang untuk kepentingan memajukan kesejahteran warga di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Pemerintah Jepang sangat tertarik membangun kerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang di bidang pariwisata serta ekonomi meskipun daerah ini masih mengalami krisis air bersih,” kata Kepala Bagian Politik Kedutaan Besar Jepang, Ryo Nakamura, saat bertemu Wali Kota Kupang Jonas Salean di Balai Kota Kupang.

Dalam pertemuan, Nakamura mengungkapkan kerinduan dan harapan Pemerintah Jepang untuk bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang dalam bidang pariwisata dan ekonomi. Dari segi posisi Kota Kupang sangatlah memungkinkan dikembangkan sejumlah destinasi wisata pantai yang ada di sepanjang garis pantai Kota Kupang itu, termasuk sejumlah destinasi budaya dan seni yang ada di wilayah itu.

Selain pariwisata, juga berharap ada jalinan kerja sama bidang ekonomi, meski dalam berbagai aspek pendukung seperti air masih sangat minim di Kota Kupang. “Kerja sama ekonomi sangat kami tertarik meskipun daerah ini masih sangat kekurangan air jika kemarau tiba. Tetapi kami senang bila kerja sama ini bisa dilakukan,” kata Nakamura yang mengaku baru bekerja di Indonesia selama satu tahun dan Kota Kupang menjadi daerah ke 15 kunjungannya di Indonesia.

Kerja sama lainnya, lanjut dia, bidang peningkatan kapasitas aparatur sipil negara, perencanaan dan sejumlah kerja sama lainnya. “Akan kita carikan metode kerja sama yang terbaik untuk dua pemerintahan ini,” katanya sambil berharap adanya sebuah situasi dan kondisi yang aman dan damai di Kota Kupang, sehingga sejumlah hal yang akan dilakukan bersama bisa berjalan aman dan lancar.

Dia juga mengaku atas nama Pemerintah Jepang, menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Kupang Jonas Salean yang sudah menjaga dan melindungi 12 warganya yang tinggal di daerah ini. “Sebanyak 12 warga Jepang saat ini bekerja di perusahaan mutiara,” katanya.

Wali Kota Kupang Jonas Salean menyambut baik ajakan kerja sama Pemerintah Jepang di dua bidang tersebut. “Untuk pariwisata memang belum digarap maksimal oleh Pemerintah Kota Kupang sebagai ikon daerah ini, meskipun daerah ini berada di sepanjang pesisir pantai yang berjarak hanya 12 km saja,” jelasnya.

Pemerintah Kota Kupang kata Jonas masih fokus untuk melaksankan program prorakyat lainnya demi kepentingan kemajuan masyarakat, seperti bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Pemerintah Kota Kupang sangat terbuka dan akan menindaklanjuti harapan Pemerintah Jepang untuk kelanjutan kerja sama itu. “Kami juga berharap akan bisa bekerja sama dengan Pemerintah Jepang di bidang lainnya seperti peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, perencanaan dan bidang lainya,” lontarnya.

Terhadap keamanan Kota Kupang, Jonas mengatakan, bahwa Kota Kupang adalah daerah yang paling aman di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan diberikan penghargaan sebagai kota paling toleran dari Komnas HAM RI. “Seluruh warga dan seluruh aparat sama-sama menjaga dan merawat kebersamaan dalam semangat toleransi. Jadi daerah ini sangat aman,” katanya seperti dilansir laman Antara, Jumat (02/09/2016).

Dia mengaku, akan detail melakukan komunikasi dengan Pemerintah Jepang untuk sejumlah rencana kerja sama itu, demi kepentingan seluruh rakyat di daerah ini. “Semuanya akan kami arahkan untuk peningkatan kesejahteraan warga di daerah ini,” kata Jonas. (*/A)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.