Jelang Sail Tomini, Pelatihan Khusus bagi UMKM Kuliner

0
1305

PARIGI MOUTONG, test.test.bisniswisata.co.id: Menjelang Sail Tomini 19 September 2015, para pelaku UMKM kuliner di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, diberi berbagai pelatihan khusus dunia kuliner antara lain teknik pengemasan yang baik, penyajian kuliner yang profesional, pengelolaan kuliner yang sehat, dan aneka ragam kuliner yang memenuhi standar nasional maupun internasional.

“Pelaku UMKM kuliner di daerah Parigi Moutong, yang kami latih sekitar 30 orang, mereka memproduksi makanan olahan khas Parimo,” papar Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi di Jakarta, Senin (10/8/2015).

Pelatihan dilaksanakan di Hotel Horison Parimo selama empat hari secara intensif. Pelatihan ini, dengan mendatangkan instruktur dan pelatih berpengalaman dari luar wilayah itu agar para pelaku UMKM terbuka pola pikirnya terhadap trend-trend baru khususnya di bidang kemasan. “Setelah itu mereka akan diseleksi untuk mendapatkan ‘seed capital’ atau bantuan modal awal bagi ‘start up’ yang besarnya maksimal Rp25 juta perorang,” katanya.

Pihaknya melihat sangat penting untuk membekali para pelaku UMKM kuliner dengan keterampilan tersebut menjelang pelaksanaan Sail Tomini 2015 agar daya saing masyarakat Parimo dan Sulteng secara umum kian meningkat.

Pemerintah daerah sendiri menyambut baik pemberian pelatihan UMKM itu karena menjadi salah satu upaya untuk membuka kesempatan bersaing bagi UMKM di wilayah itu saat event internasional Sail Tomini dilaksanakan. “Jadi diharapkan dengan adanya pelatihan khususnya ‘packaging’ akan memberi nilai tambah bagi produk produk UMKM lokal di Parimo,” katanya.

Kuliner khas Kabupaten Parigi Moutong, antara lain Lalampa adalah makanan berbentuk nasi ketan putih, yang didalamnya terdapat ikan (ikan cakalang) yang telah dihaluskan dan ditumis dengan bumbu, dibungkus daun pisang dan dipanggang diatas bara api. Selain itu, nasi jagung, ikan kuah asam, es kedondong rumput laut, mie ubi, dan masih banyak lagi. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.