Jelang Libur Akhir Tahun, Candi Gedong Songo Berbenah

0
1609

SEMARANG, Bisniswisata.co.id: Pengelola Objek Wisata Candi Gedong Songo, Kecamatan Bandungan, Kabutapen Semarang kini terus berbenah dengan menambah berbagai fasilitas pendukung untuk mengantisipasi liburan Natal dan tahun baru.

“Saat ini sedang berlangsung perbaikan dan penambahan fasilitas di sekitar area pintu masuk, Candi Gedong Satu, dan sepanjang jalan setapak Candi Gedong Songo,” kata salah seorang karyawan Objek Wisata Candi Gedong Songo Rohman di Kabupaten Semarang.

Pembenahan ini merupakan salah satu strategi untuk menarik minat pengunjung pada libur akhir tahun. Jumlah pengunjung memang cenderung naik pada libur Natal dan tahun baru. “Kami berupaya membuat para wisatawan yang berkunjung kesini merasa nyaman,” kata dia seperti dilansir laman Antara, Selasa (21/11/2017).

Pembenahan fasilitas itu, antara lain, penanaman berbagai jenis bunga di areal dekat pintu masuk. Diharapkan, pengunjung melakukan swafoto di sana. Perbaikan jalan setapak dilakukan dari pintu masuk menuju candi pertama. Di jalur ini pun dilakukan penanaman bunga-bunga untuk menambah kesan natural dan estetis.

Sementara wisatawan yang berjalan kaki ataupun yang menunggang kuda tidak perlu khawatir lagi karena jalan setapak dilebarkan 55 centimeter pada kedua sisi.

“Kami juga membangun green house dengan berbagai jenis bunga untuk memperindah panorama. Ini sekaligus antisipasi apabila bunga-bunga di taman dan jalan sekitar area pintu masuk rusak,” katanya. Pengelola juga membangun home theatre di sekitar lokasi candi pertama.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Urip Sihabudin menghimbau kepada para pengelola objek wisata di 35 kabupaten/kota untuk membenahi sarana dan prasarana pendukung. Tujuannya, untuk menarik minat wisatawan pada libur tahun baru.

“Kesiapan objek wisata tetap harus dicek terutama sarana prasarana, seperti jembatan gantung apakah layak menghadapi lonjakan jumlah pengunjung,” ujarnya. (*/ANT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.