Jaring Wisatawan IBT, Singapore Tourism Board Rambah Surabaya

0
663

SURABAYA, Bisniswisata.co.id: Singapore Tourism Board, badan di bawah otoritas pariwisata Singapura merambah kota Surabaya, dengan membuka kantor barunya untuk menggaet lebih banyak wisatawan asal Kota Pahlawan berkunjung ke negara tersebut.

Kantor tersebut merupakan perwakilan keduanya di Indonesia setelah Jakarta. Area Director Indonesia – Surabaya Singapore Tourism Board (STB) M. Firhan Abdul Salam mengatakan kantor Surabaya juga akan fokus menggarap wisatawan asal Indonesia bagian timur (IBT),

“Kami membuka kantor di Surabaya karena wisatawan asal Surabaya [yang berkunjung ke Singapura] terus meningkat. Kami ingin lebih dekat dengan konsumen dari Surabaya karena tren kunjungan terus meningkat,” ujar Firhan dalam konferensi pers di Surabaya, Rabu (6/9/2017).

Firhan seperti dilansir laman Bisnis.com menyebut kantor STB di Surabaya akan resmi beroperasi pada 2 Oktober 2017 mendatang. Surabaya merupakan kota dengan kontribusi wisatawan terbesar kedua dari Indonesia yang berkunjung ke Singapura setelah Jakarta.

STB mencatat pada 2016, penduduk Surabaya berkunjung ke Negeri Merlion naik 7% dibandingkan tahun sebelumnya. Tak hanya fokus di Surabaya, kantor STB di Surabaya memungkinkan STB untuk meningkatkan kegiatan promosinya dan lebih efektif dalam memanfaatkan potensi pertumbuhan pariwisata di pulau Jawa bagian timur, Bali, dan Sulawesi dengan fokus utama pada 4 kota: Surabaya, Malang, Bali dan Makassar.

“Kantor STB di Surabaya yang mengatur kegiatan STB di Indonesia bagian timur akan memungkinkan STB untuk mengetahui potensi perjalanan ke Singapura dengan upaya pemasaran dan kegiatan travel dan trade yang lebih terfokus untuk tahun-tahun mendatang,” jelas Firhan.

Adapun, Indonesia merupakan sumber wisatawan utama bagi Singapura dengan jumlah kunjungan mencapai 2,89 juta pada 2016. Pada semester pertama tahun ini, jumlah wisatawan asal Indonesia meningkat 4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. (*/BIO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here