Jargon Baru Pariwisata, Tasikmalaya Siap Bersaing

0
669
Wisatawan mancanegara kunjungi Kampung Naga Tasikmalaya (Foto: https://picture.triptrus.com)

BANDUNG, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya menggelar kegiatan promosi pariwisatanya di pusat perbelanjaan Cihampelas Walk, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (29/7) malam hingga Ahad (30/7). Dalam acara tersebut Pemkab Tasikmalaya memperkenalkan potensi pariwisata serta Jargon baru terait program Tasik Siap kepada masyarakat.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan promosi di Bandung ini untuk memperkenalkan potensi unggulan Tasikmalaya kepada masyarakat Jawa Barat. Melalui jargon Tasik Siap, Bupati Uu meyakini Tasikmalaya siap bersaing dengan kota/kabupaten besar lainnya di Jawa Barat bahkan Indonesia.

“Kami ingin memperkenalkan potensi Tasikmalaya yang diinformasikan kepada masyarakat Jawa Barat khususnya Bandung Raya saat ini, mulai dari soal paiwisata juga jargon Tasik Siap,” ujarnya seperti diunduh laman Republika.co.id, Ahad (30/07/2017).

Dilanjutkan, Tasik Siap merupakan visi dan misi pemerintahannya di periode kedua. Sebelumnya periode 2011-2016, membawa slogan Gerbang Desa yang merupakan singkatan Gerakan Membangun Desa. Setelah dirasa sukses, periode kali ini ingin membawa program Tasik Siap.

Lima tahun ke depan, Tasikmalaya harus siap bersaing dengan kota/kabupaten lainnya. Bukan lagi jadi kabupaten dipandang sebelah mata karena ternyata Tasikmalaya memiliki sejumlah potensi dan keunggulan. “Dalam lima rahun ke depan Tasikmalaya harus siap hadapi persaingan ekonomi bebas di kawasan ASEAN. Juga tidak mau termarginalkan bidang ekonomi, politik, pendidikan dan lain sebagainya. Jadi kami siap bersaing dengan daerah lain,” kata Uu bersemangat.

Misi Tasik Siap akan terus dibawa dalam setiap program-program yang dijalankan pemerintahannya saat ini melalui berbagai program pembangunan daerah dan masyarakat. Alhasil, tidak ada lagi keterbelakangan dalam berbagai sektor unggulan.

Karena itu, sebagai bagian dari upaya mempersiapkan Tasikmalaya sebagai kabupaten unggulan, promosi dan pengenalan daerah menjadi salah satu langkah awalnya. Dengan memperkenalkan di daerah lain, maka masyarakat Jawa Barat secara luas akan peduli dan tahu bahwa Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi tersebut.

“Pasti bertanya kenapa launching di Bandung. Tasikmalaya ini belum dikenal seperti wilayah lain karena itu kalau di Bandung maka Tasikmalaya semakin dikenal semakin populer. Jadi bisa banyak juga yang lebih peduli pada Tasikmalaya,” ujarnya.

Tasikmalaya, kata Uu, akan membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan siap berkompetisi. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, juga ekonomi untuk menyukseskan Tasik Siap. Tasikmalaya ingin masyarakat luas lebih tahu potensi pariwisata unggulan yang tidak kalah dengan daerah lain. Tasikmalaya memiliki potensi wisata alam hingga wisata rohani.

Di Kabupaten Tasikmalaya ada wisata rohani yang tidak dimiliki daerah lain yaitu Pamijahan. Ada juga wisata bahari. Ada juga wisata Jabali yaitu Gunung Galunggung ada air panas. Ada kawah kemudian ada wisata lain termasuk situ shangyang dan lainnya.

“Nah ini perlu disosialisaikan kepada masyarakat luas khususnya di Jawa Barat saat ini,” kata politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini. Promosi serupa juga akan digelar di daerah lain sehingga Kabupaten Tasikmalaya bisa semakin dikenal dan menarik di mata masyarakat luas. (*/REO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here