Japan Airlines Sediakan Kabin Khusus Hewan Peliharaan

0
528

TOKYO, bisniswisata.co.id: Meninggalkan hewan peliharaan di rumah saat sedang berlibur, kadang membuat perasaan tidak tenang. Akan tetapi pasti sulit rasanya kalau ingin pergi berlibur bersama mereka. Yang paling menyulitkan tentunya saat Anda harus membawa hewan peliharaan menggunakan transportasi umum. Meskipun bisa membawa mereka, pecinta hewan tentu lebih memilih duduk satu kursi dengan peliharaannya.

Melansir Travel and Leisure, Senin (06/02/2017) Japan Airlines, sebuah maskapai penerbangan di Jepang meluncurkan sebuah layanan yang bisa mewujudkan impian Anda duduk bersebelahan dengan hewan peliharaan di kabin pesawat. Dinamai ‘Wan Wan Jet’ layanan ini melakukan uji coba perdana dengan menerbangkan puluhan anjing dari Bandara Narita, Tokyo menuju Perfektur Kagoshima sejauh 860 mil.

Ditemani 60 orang, sebanyak 30 anjing akhirnya dapat merasakan sensasi terbang layaknya manusia. Mereka tidak perlu lagi merasa takut akan sempitnya bagasi pesawat atau ditinggal di rumah.

Toshihiko Kai, bersama anjing jenis dachsund berusia empat tahun kesayangannya, mengaku senang dengan adanya layanan ini. Pria 41 tahun tersebut mengatakan, ia lega karena tidak perlu merasa bersalah meninggalkan anjingnya di bagasi pesawat. “Rasanya menyakitkan tiap kali membawa anjingku untuk diletakan di bagasi pesawat. Sedih mendengar ia terus mengonggong,” ujar Kai.

Sementara itu, pihak maskapai penerbangan mengatakan, sejak layanan ini dibuka pada Desember silam, tiket pemesanan langsung terisi dalam waktu kurang lebih satu jam. Pihak maskapai menambahkan, layanan ini diharapkan mampu meningkatkan minat perjalanan domestik. “Perjalanan udara bersama hewan peliharaan akan membuka pasar baru bagi penerbangan domestik,” ujar salah satu pejabat maskapai.

Menurut Jepang Pet Food Association (JPFA), berdasarkan perhitungan terakhir yang dilakukan pada 2009, sebanyak 18 persen rumah tangga Jepang memiliki hewan peliharaan. Jumlah tersebut setara dengan 12,3 juta ekor bahkan melebihi populasi anak-anak di Negeri Sakura itu. Demi menikmati layanan menarik ini, Anda harus mengeluarkan dana sebesar 150 ribu yen (Rp17 juta) untuk satu kali perjalanan.

Maskapai ini bukanlah yang pertama memberi layanan menarik ini. Sebelumnya, pada Mei 2016 maskapai All Nippon Airways juga memberikan layanan serupa dengan melakukan uji coba bersama 87 penumpang dan 44 hewan.

Sama seperti Japan Airlines, tiket pesawat yang dijual sekitar 220 ribu yen (Rp26 juta) itu habis terjual dalam waktu dua hari. Harga tersebut merupakan paket bagi dua penumpang dan satu hewan peliharaan. (*/END)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.