Jambi Diselimuti Kabut Asap, Ganggu Tiga Penerbangan

0
1227

JAMBI, test.test.bisniswisata.co.id: Tiga jadwal penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi, terpaksa mengalami penundaan akibat kabut asap yang melanda Kota Jambi yang menyebabkan jarak pandang terganggu. Kabut asap sudah menerjang sejak sepekan terakhir namun Jumat (5/9/2014) merupakan peristiwa yang terberat.

Ketiga penerbangan itu dari maskapai Lion Air, Garuda dan Sriwijaya. Hasil pantauan di bandara Jambi tersebut, terlihat terjadi penumpukan penumpang yang akan berangkat diruang tunggu bandar udara tersebut.

Hasil pantauan BMKG Jambi, terjadi kabut asap dengan jarak pandang hanya 1.000 meter dan akibat itu jadwal penerbangan pesawat Lion, Garuda dan Sriwijaya didelay sampai jarak pandang normal untuk penerbangan.

Meski belum mengganggu aktivitas masyarakat, kondisi kabut asap tersebut tetap dikeluhkan sejumlah warga di Kota Jambi. “Mungkin belum terlalu mengganggu, namun jika terus terjadi pasti akan mengganggu kesehatan,” ujar Budi (27) salah seorang warga Broni, Kota Jambi.

Broni sendiri terpaksa menggunakan masker ketika berangkat bekerja karena kabut asap kembali muncul. “Jelas menggunakan masker agar pernafasan tidak terganggu, apalagi saya kerja dilapangan,” ucapnya sembari bercerita bahwa masker itu dia didapatkan secara gratis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi mencatat berdasarkan pencitraan satelit NOAA di Provinsi Jambi kembali ditemukan 11 titik panas yang tersebar di beberapa titik wilayah dalam tiga hari terakhir. Titik panas itu, dua di antaranya ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, satu di Batanghari, satu di Bungo, dan tujuh di Kabupaten Tebo.

Ada kemungkinan titik panas ini yang menyebabkan muncul kabut asap kembali. Memang jika titik panas tidak segera dipadamkan atau bertambah, dikhawatirkan akan berdampak lebih parah seperti beberapa waktu sebelumnya. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here