Jadwal Penerbangan China Terganggu Hujan Petir

0
394
Bandara Beijing China

BEIJING, Bisniswisata.co.id: Hujan disertai petir mengacaukan sejumlah jadwal penerbangan dari Beijing menuju kota-kota di wilayah China selatan, Senin. Sejak proses “check in” petugas di Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing (BCIA) sudah memberikan isyarat bahwa penerbangan akan mengalami penundaan tanpa batas waktu yang ditentukan.

“Setelah melalui pos pemeriksaan, silahkan cek sendiri jadwal di layar monitor,” kata seorang petugas “check in” maskapai China Southern Airlines kepada Antara yang hendak melakukan penerbangan menuju Guangzhou. Bahkan di kolom lembar pas penumpang juga tidak tertulis nomor pintu keberangkatan.

Begitu juga saat memasukkan nomor penerbangan dengan tujuan di atas di layar monitor tidak ada penjelasan sama sekali kecuali hanya tulisan berbahasa mandarin “guonei” yang berarti penerbangan domestik.

Padahal biasanya setelah memasukkan nomor penerbangan, layar monitor akan menampilka penjelasan mengenai waktu dan pintu keberangkatan di bandara tersibuk kedua di dunia tersebut.

Pesawat dengan nomor penerbangan CZ-3112 tujuan Ibu Kota Provinsi Guangdong yang seharusnya berangkat pukul 11.30 itu baru bertolak pukul 19.30 waktu setempat (18.30 WIB).

Penundaan selama delapan jam itu bukan hanya berlaku bagi pesawat tujuan Guangzhou. Beberapa jadwal penerbangan menuju kota-kota di selatan, seperti Shenzhen, Chengdu, dan Kunming juga mengalami hal serupa.

Pesawat dengan nomor penerbangan CZ-3192 tujuan Shenzhen yang seharusnya pukul 10.00 sudah bertolak dari Beijing terpaksa baru pukul 17.00 tinggal landas.

Di ruang tunggu bandara terjadi penumpukan calon penumpang. Bahkan, tidak jarang mereka memaki-maki petugas yang tidak bisa memberikan kepastian waktu keberangkatan.

“Mohon maaf atas keterlambatan ini. Kami mohon Anda bersabar menunggu pemberitahuan lebih lanjut,” kata seorang petugas perempuan di meja pintu keberangkatan nomor 45 BCIA, Selasa (04/07/2017). (*/CHI)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.