Jabar Klaim Miliki 1.480 Objek Wisata Dikunjungi 40 Juta Wisnus

0
688
Obyek Wisata alam Green Canyon Pangandaran Jawa Barat (Foto: http://ajak-jalan.com)

BANDUNG, test.test.bisniswisata.co.id: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengklaim memiliki destinasi wisata 1.480 objek. Dari jumlah itu, 70 objek potensial tersebar di 27 kota/kabupaten. Rata-rata kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) capai 35-40 juta orang per tahun dan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 1 juta orang.

“Karunia Allah SWT membuat Jabar memiliki obyek demikian indah dan melimpah. Baik di Jabar bagian barat, selatan, tengah dan utara, seluruh destinasi hadir dengan istimewa. Sejumlah obyek wisata andalan ini, merepresentasikan unggulan tiap wilayah geografis dan cocok dikunjungi keluarga,” papar Gubernur Jabar, Ahad (10/07/2016).

Di Sukabumi saja, lanjut dia, sudah ada minimal dua tempat yang asyik untuk dikunjungi yaitu Pantai Pelabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh.

Juga Gunung Tangkuban Perahu, merupakan salah satu gunung masih aktif di Indonesia. Di Gunung ini, pengunjung dapat melihat kawah yang jumlahnya 10 buah. Namun di antara kawah Gunung Tangkuban Perahu tersebut ada tiga paling sering dikunjungi wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas.

Di kawasan selatan Jabar, ada Kawah Putih di bawah kaki Gunung Patuha, Kabupaten Bandung. Kawah ini memiliki warna berubah-ubah apabila terkena sinar matahari. Secara umum, kawah putih merupakan kawah berwarna kehijauan dan diselimuti kabut asap tipis serta mengandung belerang sangat kuat.

Tak jauh dari sana, sambung dia, ada Situ Patengan. Danau ini luasnya sekitar 45 ribu hektare dan berada di ketinggian 1.600 mdpl. Makanya, Situ Patengan memiliki udara sangat sejuk. Daya tarik selain pemandangannya yang indah, adalah pengunjung dapat naik ke perahu dan mengelilingi situ termasuk ke Pulau Asmara dan Batu Cinta.

Di Jawa Barat bagian barat, ada Kebun Raya Bogor. Merupakan tempat wisata tempat melestarikan aneka ragam tumbuhan di Indonesia. Kebun seluas 87 ha dan memiliki koleksi pohon dan tumbuhan 15.000 jenis. Di sini, terdapat berbagai pohon dan tanaman khas Indonesia.

“Karena itu, kami mengajak warga untuk menghabiskan libur lebaran ke sejumlah obyek wisata di Jawa Barat (Jabar). Sebagai provinsi yang besar, obyek wisata alam, buatan, dan kombinasi keduanya, Jabar punya segalanya. Setelah silaturahmi, mari berwisata pada destinasi wisata Jabar,” sambungnya seperti dikutip laman Republika.co.id (*/REP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.