Izin Usaha Pariwisata di Kepulauan Seribu Dipermudah

0
464
Wisata Bahari Pulau Tidung Kepulauan seribu

KEPULAUAN SERIBU, bisniswisata.co.id: Kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu grafiknya terus naik. Sayangnya, dibalik kenaikan itu banyak pelaku pariwisata belum mengantongi izin usaha pariwisata. Kini, Suku Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP) Kepulauan Seribu, memberikan kemudahan pelayanan perizinan sektor pariwisata, seperti pembangunan homestay juga dermaga kecil.

“Kemudahan yang diberikan tetap tak boleh menghilangkan aspek lingkungan, persyaratan dasar dan nilai-nilai kearifan lokal. Nah, untuk membangun homestay dan dermaga kecil, selain IMB, cukup menyertakan UKL-UPL, karena AMDAL perizinannya cukup lama,” papar Kasudin PM dan PTSP Kepulauan Seribu, Suryono.

Dalam Surat Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL), lanjut dia, sudah ada komitmen dari pengusaha untuk menjaga kelestarian lingkungan. Mereka juga wajib melaporkan pengelolaan lingkungannya secara periodik setiap enam bulan sekali.

“Kami akan mengawasi dan mengevaluasi serta merekomendasikan. Jika mereka melanggar, kami akan cabut izin usahanya,” tandas Suryono seperti dilansir laman BeritaJakarta.com, Jumat (10/03).

Memang pertumbuhan jumlah homestay di Kepulauan Seribu, setiap tahunnya terus meningkat. Tercatat ada sebanyak 322 unit homestay yang tersebar di berbagai pulau di dua kecamatan. Dan untuk resort justru stagnan pada angka 6 saja.

Sayangnya masih banyak yang mengantoingi izin usaha. Padahal kepengurusan izin terhadap usaha pariwisata ini telah diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Kepariwisataan. Izin usaha ini penting diurus untuk melindungi pelaku bisnis pariwisata maupun wisatawan.

Sementara jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Kepulauan Seribu naik drastis. Tercatat lebih dari 24 ribu wisatawan mancanegara berkunjung ke Kepulauan seribu pada tahun 2016 dibandingkan sebanyak 10 ribu wisatawan di tahun sebelumnya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.