ISIS Hancurkan Kuil Bersejarah di Situs UNESCO

0
547
Kuil Baal di kota kuno Palmyra, Suriah. (Foto: AFP / JOSEPH EID)

PALMYRA, test.test.bisniswisata.co.id: Kelompok militan Islamic State (ISIS) menghancurkan sebagian area Kuil Baal di kota suci Palmyra, yang merupakan salah satu situs warisan budaya UNESCO. Beberapa pekan lalu, ISIS menghancurkan kuil Baal Shamin di Palmyra.

Grup Syrian Observatory for Human Rights mengonfirmasi ISIS telah menaruh bahan peledak di kuil tersebut, dan meledakkannya beberapa waktu kemudian. Mohamed Hassan al-Homsi, aktivis dari Palmyra, juga melaporkan kehancuran Baal. “Mereka menaruh bahan peledak, menggunakan kotak perangkap dan gentong yang sudah disiapkan sebelumnya,” tutur al-Homsi, seperti dikutip AFP, Senin (31/8/2015).

Ini adalah salah satu kuil penting bagi pariwisata dan warag Palmyra. Warga biasa menggunakannya untuk festival. Penghancuran ini merusak sejarah bangsa, sambung dia.

Menteri Kebudayaan Suriah Maamoun Abdelkarim belum dapat mengonfirmasi kehancuran Baal. Hingga saat ini ISIS belum merilis foto terkait Baal. Sejumlah foto satelit mengonfirmasi penghancuran kuil Baal Shamin di Palmyra, situs warisan budaya dunia UNESCO di Suriah, oleh ISIS.

Agensi PBB UNITAR mengatakan program satelitnya telah membandingkan foto Palmyra pada 26 Juni dengan 27 Agustus. “Kami mengonfirmasi penghancuran gedung utama, sementara beberapa pilar di samping tidak terlalu terkena dampaknya,” ucap UNITAR.

Dalam salah satu foto, kuil Baal Shamin hancur berkeping-keping. “Kuil itu rata dengan tanah,” ujar juru bicara UNITAR Einar Bjorgo. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.