Inovasi Baru Pertamina, SPBU Dilengkapi Restoran Layanan Cepat Saji

0
3412

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: PT Pertamina (Persero) melakukan inovasi baru dengan meluncurkan generasi baru stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU yaitu “Pasti Prima”, yang merupakan level lanjutan “Pasti Pas”. Menariknya SPBU ini dilengkapi restoran dan layanan cepat saji

“Konsep Pasti Prima yang kami hadirkan kali ini akan menjawab kebutuhan konsumen yang datang ke SPBU tidak sekadar untuk membeli BBM,” papar Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang didampingi Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro saat peluncuran SPBU Pasti Prima di Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Karena itu, lanjut Wianda, Pertamina bekerjasama dengan MAP Group untuk pengembangan restoran dan layanan cepat saji di SPBU. MAP Group adalah perusahan retail yang memiliki lebih dari 100 merk ternama mulai dari pakaian, alat-alat olahraga sampai makanan seperti Starbucks, Burger King, dan Domino Pizza. Pertamina juga menggandeng Es Teler 77 sebagai salah satu mitra bisnis di SPBU.

Bahkan, anak perusahaan Pertamina, PT Pertamina Retail yang mengoperasikan 374 Bright Store, juga menyepakati kerja sama dengan dua BUMN yaitu Perum Bulog dan PT Pos Indonesia. Bright Store akan mulai menyediakan produk Bulog dan Pos Indonesia.

“Jadi SPBU Pasti Prima memiliki wajah yang lebih ‘fresh’ dengan logo baru yang mengomunikasikan layanan yang lebih premium melebihi Pasti Pas dengan tetap mempertahankan prinsip-prinsip fundamental, yaitu jaminan dalam hal pelayanan, kualitas, dan kuantitas, juga memanjakan konsumen untuk menikmati kuliner cepat saji,” lontar Bambang.

Selain itu, sambung dia, SPBU generasi baru ini menyajikan pengalaman baru ‘beyond fuel’ berupa pelayanan non-fuel retail, pelayanan energi terpadu dan layanan digital untuk kenyamanan konsumen. Sebagai market leader bisnis fuel retail di Indonesia, Pertamina berkomitmen tinggi untuk meningkatkan manfaat yang dirasakan oleh stakeholder utamanya, yaitu konsumen setia Pertamina.

Tahap pertama, tujuh SPBU Pasti Prima diluncurkan di Lenteng Agung, MT Haryono, Kuningan, Bumi Serpong Damai, Abdul Muis, Fatmawati dan Hang Lekir. Tahun 2016, Pertamina bakal mengubah setidaknya 500 SPBU Pasti Pas menjadi Pasti Prima. “Investasinya tidak mahal hanya sekitar Rp 150 juta per SPBU. Pertamina siap menanggung sebagian biaya investasi,” jelas Bambang.

Bukan hanya itu, Pertamina menjanjikan marjin yang lebih tinggi bagi pengusaha yang mau mengubah SPBU miliknya menjadi Pasti Prima. Prinsip perseroan, pengusaha SPBU harus untung dan masyarakat mendapat pelayanan yang lebih baik lagi.

Pertamina juga melakukan perubahan logo SPBU Pasti Prima berupa warna merah dan putih yang lebih dominan dengan semua warna perusahaan yaitu merah, biru, dan hijau. Warna merah masih dominan untuk melambangkan semangat dan kerja keras, keberanian untuk mengatasi segala tantangan, dan ketekunan yang menjadi ciri Indonesia.

Biru pada totem dan tiang pilar pada pulau dispenser memperlihatkan kesan sebagai perusahaan yang terpercaya, punya kekuatan dan otoritas yang kokoh. Sedang, warna hijau pada dispenser mengekspresikan usaha mengelola dan mencari energi alternatif yang ramah dan bersahabat dengan lingkungan sosial maupun alam. Juga, ada seragam baru bagi pekerja SPBU yang memperkenalkan SPBU Pasti Prima yang mempersatukan semua warna yakni merah, putih, biru, dan hijau. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here