Inilah Barang Sepele Tapi Penting Dibawa saat Wisata

0
1036

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Merencanakan liburan wisata adalah salah satu hal menyenangkan. Jauh hari sebelum berangkat, biasanya kita sudah mengantisipasi segala keseruan selama liburan dan mencari sebanyak mungkin informasi tentang lokasi yang akan dikunjungi.

Kesenangan lain dari merencanakan liburan adalah membuat daftar barang bawaan. Mulai dari menghitung pakaian sampai menyiapkan alat mandi, masuk dalam daftar. Selain keperluan utama seperti sepatu/sandal cadangan dan baju ganti, penting juga mengepak perlengkapan pribadi seperti obat-obatan.

Namun, tanpa disadari ada beberapa barang sepele yang terkadang nggak terlalu berguna pada hari-hari biasa, ternyata sangat bermanfaat dibawa traveling. Apa saja?


01. Botol air

Pastinya, hal sesimpel botol air adalah yang paling jarang terlupa sehari-hari. Tapi ketika pergi berlibur, terutama kalau akan menginap di hotel, biasanya nggak terpikir membawa botol air. Padahal, selain berguna untuk menampung minuman, botol air bisa difungsikan untuk alat bilas; baik jika pergi ke negara yang toiletnya tidak menyediakan shower kecil untuk bilas, maupun kemping di gunung. Tentunya membawa botol air lebih praktis daripada gayung kan.


02. Tas lipat

Selamat tinggal kantong kresek. Menampung pakaian kotor selama bepergian dalam kantong kresek adalah cerita lama. Lagipula, pada akhir liburan, tentunya pakaian kotor akan lebih banyak ketimbang yang bersih. Selain pakaian kotor, tas lipat juga berguna sebagai space tambahan untuk membawa oleh-oleh. Kerennya lagi, sekarang tas lipat ada yang berbentuk ransel. Ini pastinya sangat berguna untuk jalan-jalan selama liburan, tapi tidak merepotkan sewaktu perjalanan pergi-pulang.


03. Alat tulis

Berlibur bawa alat tulis? Betul sekali. Bepergian membawa alat tulis bukan cuma saat tugas ke luar kota. Memang, sekarang sudah ada smartphone dan tablet untuk mencatat berbagai informasi selama liburan. Tapi, dalam keadaan darurat dan gadget sedang digunakan, menulis di kertas dengan pensil atau pulpen tentu lebih cepat. Selain itu, dalam bepergian ke luar negeri mungkin akan ada beberapa dokumen yang harus diisi di loket Imigrasi. Jadi, setidaknya bawalah satu pulpen dalam tas.


04. Router/Wi-Fi portabel

Harus diakui, internet saat ini bukan untuk hiburan semata, melainkan suatu kebutuhan. Bahkan orang yang sehari-harinya jarang online, pasti bisa merasakan betapa besar manfaat teknologi jaringan internet saat liburan atau bepergian. Selain memudahkan berkomunikasi, koneksi internet terutama diperlukan ketika bepergian untuk mengakses peta, atau butuh informasi hotel terdekat saat mendadak butuh penginapan di tengah perjalanan. Karena itu, ada baiknya membawa router/Wi-Fi atau modem portabel selama bepergian. Kekuatan jaringan masing-masing provider memang berbeda di setiap daerah, tapi tidak ada salahnya berjaga-jaga.


05. Gunting kuku

Tidak terpikir mengepak gunting kuku karena nggak berniat potong kuku selama bepergian? Itu alasan yang keliru. Meski fungsi utamanya adalah untuk memotong kuku, pada dasarnya gunting kuku adalah sebuah gunting. Benda mungil ini sangat berguna untuk membuka kemasan sachet atau plastik, seperti sambal, kopi instan, dan mi instan. Selain itu, beberapa gunting kuku dilengkapi pembuka botol yang mungkin saja bisa berguna. Membawa gunting atau benda tajam lainnya mungkin terlalu riskan, terutama dalam penerbangan. Karena itu, lebih “aman” membawa gunting kuku.

06.Universal/”multi-plug adapter”/steker
Benda satu ini wajib dibawa, terutama untuk bepergian ke luar negeri. Selain karena kemungkinan bentuk steker yang berbeda, adakalanya tidak tersedia cukup setop kontak dalam satu kamar hotel. Apalagi, kalau menginap di hostel dan hanya ada satu setop kontak untuk satu orang; padahal selain HP, kamera dan power-bank juga perlu di-charge. Minimal dengan membawa satu steker T, setidaknya dua elektronik bisa di-charge dalam waktu bersamaan.


07. Tisu basah

Tisu basah cenderung identik dengan bayi dan anak-anak. Dalam keseharian, membawa tisu basah memang tidak sewajib tisu kering. Namun, untuk perjalanan jauh–baik dengan mobil maupun kereta–ataupun pergi kemping, tisu basah sangat berguna untuk mencuci. Di tengah jalan antah berantah, perlu cuci tangan karena baru makan rendang; atau susah air untuk cuci alat makan waktu kemping; solusi daruratnya adalah tisu basah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.