Indonesia Tambah Bandara Internasional Baru

0
296

BANDUNG, Bisniswisata.co.id: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai Indonesia bakal menambah bandara internasional baru. Saat ini, pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menyelesaikan masalah distribusi logistik yang sebelumnya selalu dipusatkan di Jakarta.

“Bandara BIJB akan menyelesaikan konsentrasi logistik di Bandara Soekarno Hatta akan kita alihkan ke BIJB Kertajati. Kita akan jadikan Kertajati pusat bandara internasional yang baru,” ujar Menhub saat memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), Kota Bandung, Rabu.

Budi mengatakan, dengan hadirnya BIJB nanti akses transportasi udara tidak akan terkonsentrasi di Jakarta lagi. BIJB juga akan melayani penerbangan haji sehingga akan mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma. “Dan itu akan mengurangi kemacetan yang ada di Jakarta dan akan membangun pusat industri yang baru,” katanya.

Menhub ingin agar bandara di Indonesia bisa memaksimalkan konektivitas dengan negara lain. BIJB juga diharapkan bisa menjalin konektivitas dengan negara lain sehingga diharapkan berbanding lurus dengan naiknya jumlah wisatawan, katanya.

Menurutnya, konektivitas akan memudahkan kegiatan orang dan barang antarwilayah untuk meluncurkan kegiatan dan pemerataan ekonomi sehingga meningkatkan efisiensi dan kelancaran arus barang dan jasa antar wilayah di Indonesia.

“Dengan segala koneksinya, mandat dari nawacita dan konektifitas masyarakat terluar. Itu perlu dukungan dari berbagai pihak, kalau kita tidak mendukung itu akan sia-sia dan kita tidak akan maksimal,” katanya. (RLS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.