Indonesia Jaring Wisatawan Kaledonia Baru

0
1034
Turis asing di NTT (foto: detik.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Indonesia melalui Konjen RI Noumea menjaring wisatawan asal negara Kaledonia Baru. Untuk itu, KJRI mengundang 100 anggota Asosiasi tur operator Kaledonia Baru dan dua Asita (Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies) Bali yang diwakili Alliance Indonesia, dan PT Bali Cahaya untuk melakukan kerjasama, saling mempromosikan wisata kedua negara sekaligus menjual berbagai produk paket wisata ke Indonesia.

Konjen RI Noumea Widyarka Ryananta mengaku senang dapat mempertemukan pelaku usaha industri pariwisata Indonesia dan Kaledonia Baru. Ia mengharapkan berbagai paket destinasi wisata ke Indonesia dapat dijual oleh tur operator dan agen perjalanan Kaledonia Baru.

“Selain itu, KJRI Noumea juga akan terus mem-branding Wonderful Indonesia melalui pemasangan iklan di media TV serta advertisment bus kota Karuia, dengan target untuk meningkatkan awareness masyarakat Kaledonia Baru dan wisatawan asing,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (28/03/2016).

Dengan pendapatan per kapita sekitar 3,3 juta XPF (atau sekitar 27.654 Euro), lebih dari 100.000 masyarakat Kaledonia Baru berwisata ke luar negeri setiap tahunnya. Meskipun demikian, jumlah turis Kaledonia Baru yang mengunjungi Indonesia belum banyak.

Mayoritas mereka berkunjung ke Australia, Prancis dan Selandia Baru. Selain itu, terdapat lebih dari 4.000 diaspora keturunan Indonesia yang menetap di Kaledonia Baru yang dapat menjadi target promosi wisata ke Indonesia.

Wisatawan Kaledonia Baru biasanya datang secara berkelompok atau keluarga, sangat tertarik dengan keindahan alam dan mengagumi eksotisme kebudayaan Indonesia serta wisata belanja. Mereka juga menyukai relaksasi, seperti sauna dan spa. Selain itu, cukup banyak calon wisatawan yang meminta agar disediakan penterjemah bahasa Prancis karena tidak semua masyarakat Kaledonia Baru dapat berbahasa Inggris.

Wakil perusahaan wisata Alliance Indonesia yang hadir dalam seminar tersebut diundang untuk memberikan pelatihan mengenai pembuatan paket wisata dengan tujuan berbagai objek wisata di Indonesia kepada tiga tur operator Kaledonia Baru, yaitu Eden Tours, Eden Plus, dan UniTours.

General Manager UniTours Fran├žoise Chenais menyatakan pihaknya gembira dengan kesepakatan yang terjalin tersebut. “Mulai bulan depan (April) kami akan mempromosikan paket wisata ke Indonesia di semua travel agent,” ujar Chenais

Manajer Nord Avenir selaku Wakil Presiden Asosiasi Tur Operator Kaledonia Baru, Serge Wolf, mengungkapkan seminar Wonderful Indonesia ini membuka peluang kerja sama dengan mitra dari Indonesia. “Tidak bisa dipungkiri, harga tiket yang relatif mahal merupakan salah satu kendala untuk menarik minat masyarakat. Untuk itu, diharapkan dapat terjalin kerja sama antar-maskapai penerbangan Kaledonia Baru dan Indonesia,” jelasnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.