Indonesia Jadi Negara Tujuan Wisatawan Vietnam

0
668
Jakarta menjadi tujuan utama wisatawan Vietnam (Foto: mandarinoriental.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Indonesia dinilai sebagai tujuan wisata yang menarik bagi masyarakat Vietnam, terbukti semakin banyak wisatawan negara Vietnam yang berkunjung ke Indonesia. Meningkatnya jumlah wisatawan Vietnam berkunjung ke Indonesia semakin memperkuat hubungan dan kerja sama bidang pariwisata antara kedua negara.

“Sebaliknya banyak wisatawan Indonesia juga berkunjung ke negara yang merdeka pada 2 September 1945, mendorong kerja sama kian meningkat,” papar Duta Besar Republik Sosialis Vietnam untuk Indonesia Hoang Anh Tuan, pada resepsi peringatan ke-71 Hari Nasional Vietnam, di Jakarta, seperti diunduh laman Antara, Sabtu (03/09/2016).

Dubes Hoang Anh Tuan melanjutkan banyak masyarakat Vietnam mengunjungi destinasi wisata di Jakarta, Surabaya, Bali, juga banyak tempat lainnya di Indonesia. Dubes juga berharap ada penerbangan langsung dari Ho Chi Minh ke Jakarta dan Ho Chi Minh ke Bali untuk meningkatkan pariwisata kedua negara.

Dia mengatakan kemitraan antara Vietnam dan Indonesia sangat potensial untuk terus diperkuat pada bidang-bidang yang sudah dibangun sebelumnya, seperti politik, ekonomi, dan pendidikan. “Saya melihat banyak kemiripan antara Vietnam dan Indonesia. Selain sama-sama merdeka pada 1945, di Surabaya saya melihat banyak bangunan bersejarah yang bentuknya seperti ada di Vietnam,” sambungnya.

Selain itu, menurut dia, hubungan Indonesia dan Vietnam yang telah terjalin antara pendiri masing-masing negara yakni Presiden pertama Indonesia Sukarno dan Presiden sekaligus Perdana Menteri pertama Vietnam Ho Chi Minh menjadi dasar yang kuat dalam mempererat kerja sama kedua negara.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang hadir dalam resepsi peringatan Hari Nasional Vietnam mewakili Pemerintah Indonesia mengatakan hubungan perdagangan antara Indonesia dan Vietnam mengalami peningkatan yang signifikan selama lima tahun terakhir.

Yasonna menyebutkan nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Vietnam mencapai 5,9 miliar dolar AS pada 2015 dan diharapkan akan meningkat menjadi 10 miliar dolar AS pada 2018. “Kita berharap agar hubungan dan kerja sama Indonesia dan Vietnam semakin erat di berbagai bidang lainnya,” katanya. (*/A)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.