India Bebaskan Visa Kunjungan

0
730
Taj Mahal

NEW DELHI, test.test.bisniswisata.co.id: Wisatawan dari Amerika Serikat, Australia, Brasil, dan Jerman, kini bisa memperoleh fasilitas visa on arrival di India, melalui skema yang diperluas.

Pengunjung dari 43 negara tidak lagi harus mengantri di konsulat lokal, tetapi bisa mengajukan visa melalui internet dan mengambilnya di bandara. Untuk pengunjung dari Indonesia, skema ini sudah berlaku pada 2011 lalu. Demikian dilansir laman BBC, Ahad (30/11/2014).

India menerima 6,58 juta turis pada 2012, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan negara seperti Thailand dan Malaysia. Menteri Pariwisata Mahesh Sharma mengatakan, perubahan ini akan meningkatkan industri wisata.

Skema ini ‘merupakan mimpi yang menjadi nyata untuk industri pariwisata di India dan akan berdampak positif pada perekonomian’. Sebelumnya, visa on arrival hanya berlaku bagi warga di 12 negara tertentu.

Kebanyakan wisatawan asing harus menunggu beberapa pekan sebelum mengetahui apakah mereka mendapat visa atau tidak setelah memasukan sejumlah dokumen di pusat pengurusan ijin visa. Skema visa-on-arrival ini akan tersedia di sembilan bandara besar di India. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.