Idul Adha, Hotel Mercure Tawarkan Sup Kaki Kambing

0
816
Sop kaki kambing

SURABAYA, Bisniswisata.co.id: Idul Adha identik dengan masakan berbahan daging sapi dan kambing, yang biasanya diolah menjadi sate, gulai atau kare. Soal pilihan terserah selera. Namun Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya menawarkan masakan berbeda yang menggunakan kaki kambing yaitu Sup Kaki Kambing Timur Tengah.

Masakan lainnya adalah Bebek Betutu plus minuman Tropical Yellow yang segar. Kedua menu dan minuman ini disajikan mulai September, terutama untuk menyambut Idul Adha. Bebek Betutu merupakan varian dari Ayam Betutu yang merupakan masakan yang berasal dari Bali. Ia mengganti dengan bebek, karena Surabaya terkenal dengan menu berbahan daging bebek diantaranya bebek goreng, bebek kremes.

“Seperti Ayam Betutu, Bebek Betutu juga bercita rasa pedas dari cabe rawit dan merica hitam. Dagingnya kering dan empuk dipadu sambal Matah khas Bali. Cocok bagi penggemar makanan pedas,” ungkap Executive Chef Zakaria dalam keterangan yang diterima Bisniswisata.co.id, Ahad (03/09/2017).

Bumbunya sederhana yaitu bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, sereh, cabe rawit, cabe merah dan merica hitam serta daun pisang. Chef Zakaria memberi tips agar daging bebek tidak berbau amis dengan membuang ekornya.

Ia menjelaskan cara mengolah Bebek Betutu yang mudah. Semua bumbu dihaluskan, kemudian ditumis sampai matang dan harum. Masukkan garam dan gula pasir secukupnya. Potong bebek menjadi 4 bagian, lumuri dengan bumbu lalu bungkus dengan daun pisang agar memberikan aroma khas. Masukkan ke dalam oven. Bisa pula dengan cara dikukus selama 45 menit. Sajikan dengan nasi putih dan taburan bawang goreng di atasnya, sambal Matah serta lalapan kubis, mentimun dan kacang panjang dilengkapi kerupuk. Sedapnya.

Untuk menu Sup Kaki Kambing Timur Tengah, Chef Zakaria mengambil dari kambing usia 6 bulan sehingga rasanya empuk. Cara mengolahnya juga mudah, namun membutuhkan waktu cukup lama.

Cuci kaki kambing lalu rebus hingga mendidih. Buang airnya untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi lemaknya. Racik bumbunya dari bawang putih, bawang merah, daun jeruk, sereh, kayu manis dan cengkeh. Kayu manis dan cengkeh memberikan sentuhan rasa Timur Tengah.

Semua bumbu diiris-iris lalu ditumis hingga matang dan harum. Rebus kembali kaki kambing hingga mendidih selama 2 jam dengan api kecil agar airnya tidak menjadi keruh. Jangan pula menutup pancinya. Masukkan bumbu bersamaan dengan kaki kambing, juga garam, merica dan gula pasir secukupnya. Siap disajikan. Hmm..rasanya lezat. Bisa bikin ketagihan penggemar kuliner kambing.

Sebagai pendamping Bebek Betutu dan Sup Kaki Kambing Timur Tengah adalah minuman Tropical Yellow racikan Bar Captain Sha’ie yang mampu sedikit meredam kuatnya kedua menu ini.

Tropical Yellow diracik dari gula merah, jus orange, lime dan jahe. Lebih dulu cairkan gula merah dan jahe diblender. Kemudian tuangkan gula merah ke dalam gelas, disusul jus orange, air perasan dari 1 ½ lime dan jahe. Sajikan dengan garnish kayu manis batangan dan irisan jeruk nipis.

“Tropical Yellow menyegarkan dan menyehatkan. Cocok dinikmati pada siang hari yang panas, bisa pula pada malam saat hawa gerah,” ujar Sha’ie. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.