Hujan Tak Mampu Gerakkan Aktifitas Bandara Hang Nadim

0
2128


BATAM, test.test.bisniswisata.co.id:
Penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam hingga kini masih terganggu oleh kabut asap. Meski kabut asap menipis, setelah wilayah itu diguyur hujan selama dua hari terakhir. Namun tak mampu menggerakkan aktifitas penerbangan. Hingga kini bandara Hang Nadim masih lumpuh.

“Kondisi asap pada bandara tujuan khususnya di Pekanbaru, Jambi, Medan belum menunjukkan penurunan signifikan. Jadi sejumlah penerbangan masih batal,” kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Kamis (17/9/2015).

Berdasarkan papan pengumuman penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, penerbangan dari Batam yang dibatalkan antara lain Lion Air tujuan Pekanbaru dan Padang, Citilink tujuan Pekanbaru. Juga, Wings Air yang seharusnya terbang dari Batam ke Natuna pada pukul 08.30 WIB juga masih mengalami penundaan. Untuk penerbangan tujuan Batam yang masih dibatalkan antara lain dari Jambi, Palembang, Pekanbaru, Medan.

Maskapai yang sempat menyatakan penghentian sementara penerbangan dari Batam tujuan Pekanbaru, Jambi, Medan juga belum kembali melayani penerbangan rute tersebut karena gangguan asap belum teratasi. “Maskapai masih menunggu agar bisa terbang. Di Hang Nadim sendiri sebenarnya sudah tidak ada permasalahan kabut asap. Apalagi pada Selasa dan Rabu kemarin diguyur hujan cukup lebat,” kata dia.

Akibat gangguan asap selama dua pekan terakhir, hampir seratus penerbangan dari Hang Nadim dan sebaliknya tujuan Sumatera dibatalkan. “Awalnya hanya sekitar lima penerbangan per hari. Namun dalam beberapa hari terakhir ini tercatat lebih dari 10 penerbangan dibatalkan per hari. Selain itu ada juga penutupan penerbangan sementara dari sejumlah maskapai,” kata Suwarso.

Suwarso berharap kebakaran hutan di Sumatera daratan segara teratasi sehingga jadual penerbangan khususnya dari Hang Nadim bisa kembali normal. “Gangguan asap juga mengakibatkan potensi pendapatan Hang Nadim berkurang,” kata dia seperti diunduh laman Antaranews. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.