Hotel Penjuru Dunia Bersaing Rebut Wisatawan Muslim

0
1071

DUBAI, test.test.bisniswisata.co.id: Pengelola Hotel di penjuru dunia, kini saling bersaing merebut wisatawan muslim guna mendongkrak tingkat hunian. Salah satu strategi yang dilakukan memenuhi kebutuhan layanan menu makanan yang halal, juga menerapkan syaruah hotel.

Pemilik Jaringan Sofyan Hotel di Indonesia, Riyanto Sofyan mengatakan, seluruh pengelola hotel di dunia melihat potensi dari industri halal dunia. Untuk itu, para pengelola hotel berbenah dengan menyisikan layanan halal.

“Indikator hotel halal tidaklah sulit. Seperti hotel yang ramah kepada keluarga dan anak, penyajian makanan dan minuman yang bersertifikat halal, ruang beribadah, pemisahan ruangan pada pria dan wanita di kolam renang dan gym,” kata dia seperti dilansir Gulf News, Rabu (7/10/2015).

Berdasarkan laporan dari Kamar Dagang dan Industri Dubai pada bulan lalu, terjadi peningkatkan jumlah wisatawan Muslim di dunia. Pada tahun 2014, jumlah wisatawan Muslim mencapai 108 juta orang. Diperkirakan akan meningkat hingga mencapai 150 juta pada 2020. Total perputaran uang dalam bisnis tersebut diperkirakan mencapai angka 200 miliar rupiah per tahun.

“Turis Muslim yang memilih Jepang sebagai destinasinya meningkatkan sekitar 40-50 persen setiap tahunnya selama tiga tahun belakangan ini,” ujar Sofyan.

Sebelumnya, hotel Sofyan merubah hotelnya menjadi hotel halal sekitar satu dekade lalu. Tujuannya guna menemukan hotel yang sesuai bagi permintaan pasar.”Ketika kita menutup klub malam pada 1998, penghasilan malah meningkat sekitar 20 persen pada tahun setelahnya,” katanya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here