Hotel Jangan Tergantung Agenda Pemerintahan

0
737

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan, pemerintah tetap konsisten menerapkan ketentuan tentang penghematan anggaran. Kebijakan ini telah diatur dalam Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 10/2014 tentang Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Kerja Aparatur Negara dan SE Nomor 11/2014.

Salah satu dampak kebijakan itu, lanjut menteri, terjadi penurunan omzet perhotelan dan restoran yang juga berdampak pada pendapatan pajak daerah dari usaha perhotelan dan restoran yang menurun. Meski begitu, ia menuturkan, secara makro kebijakan tersebut dapat menghemat uang negara sebesar Rp 5,22 triliun.

Terkait penurunan pendapatan pajak daerah dari perhotelan dan restoran, Menteri mengimbau agar pemerintah daerah lebih kreatif menciptakan acara-acara yang menarik untuk mengundang wisatawan agar datang. Juga kalangan perhotelan bisa menjaring tamunya dengan strategis bisnis serta promosi yang gencar.

“Jadi, hotel jangan bergantung pada agenda kegiatan pemerintahan saja. Karena hotel itu dibuat sebagai pendukung industri pariwisata, bukan malah menunggu kegiatan dari pemerintahan,” pesan Yuddy dalam siaran pers tertulis, Jumat (27/3/2015).

Yuddy mengatakan, kini Kementerian PAN-RB tengah menyusun petunjuk teknis terkait dengan Surat Edaran Nomor 11/2014 dengan prinsip menghemat uang negara. Akan tetapi, program-program pembangunan tetap berjalan secara efektif.

Selain itu, ia menekankan kegiatan pertemuan atau rapat aparatur sipil harus dilakukan dengan memaksimalkan fasilitas pemerintah. Dalam juknis tersebut, ujar dia, akan dipilah lebih detail kegiatan yang boleh dilakukan di hotel yang tidak. Hal tersebut dilakukan untuk menjalankan aspirasi masyarakat perhotelan.

Dicontohkan kegiatan yang dilakukan dengan kerjasama pihak ketiga, atau melibatkan peserta dari luar negeri, mungkin dilakukan di hotel. “Langkah ini sudah diterapakan di Mataram NTB. Seharusnya hotel-hotel lain di seluruh Indonesia mennyontoh langkah baik itu demi kemajuan hotel itu sendiri,” lontranya. (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here