Hebat, Siswa SMK Ciptakan Aplikasi Wisata Belitung

0
433
Aplikasi wisata

BELITUNG, Bisniswisata.co.id: Pariwisata Belitung tak pernah berhenti berpromosi, mentransformasi pariwisata ke dalam format digital, meningkatkan branding dan berinovasi untuk menjaring wisatawan. Apalagi kini ada Rennaldy Protono. Siswa kelas XI SMKN 1 Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung itu, mampu berinovasi menciptakan aplikasi berbasis Android tentang “Wisata Belitung”.

Aplikasi “Wisata Belitung” ini rencananya akan diikutkan pada ajang “Pameran Inovasi Produk SMK” di Solo, 14 Mei 2017 mendatang. Tujuannya untuk branding sekaligus mengaet pelancong melalui dunia maya.

“Tampilan aplikasi ini sederhana. Terdapat empat content aplikasi seperti destinasi wisata, hotel, restoran, dan travel. Aplikasi ini akan memudahkan wisatawan menuju objek wisata yang ada di Bangka Belitung. Semua dapat dilihat di aplikasi ini,” kata remaja kelahiran 3 September 1999 ini.

Pada aplikasi Android pertama yang dibuatnya ini, Rennaldy memilih monumen perjuangan Tugu Lima Pahlawan yang berada di pusat kota Tanjung Pandan sebagai ikon aplikasi “Wisata Belitung”.

Rennaldy yang pernah membuat sistem aplikasi penerimaan siswa baru dan perpustakaan SMKN 1 Tanjung Pandan itu optimistis, karyanya akan bermanfaat bagi industri pariwisata. Apalagi, Tanjung Kelayang yang ada di Bangka Belitung sudah menjadi destinasi wisata prioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.

“Aplikasi ini masih terus dikembangkan atau disempurnakan. Saya yakin ini akan bermanfaat bagi wisatawan yang datang ke Bangka Belitung,” jelasnya.

Diakuinya, gaya hidup wisatawan berubah. Mulai dari mencari dan melihat-lihat informasi tentang daerah wisata, hingga memesan paket wisata yang diminati, dan bertransaksi secara online, semua sudah via digital. Mengingat, 70% wisman melakukan search and share menggunakan media digital. “Jika tidak dimulai sekarang, kita akan terlambat,” paparnya. (*/Day)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.