Hebat, Bandara Juanda Masuk 10 Terbaik Dunia

0
1069

SURABAYA, test.test.bisniswisata.co.id: Bandara internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur mencapai peringkat ke-10 dunia karena dinilai mampu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat penerbangan baik domestik maupun asing.

“Kinerja itu berdasarkan survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) pada p­eriode Q4/2014 (Oktober-Desember 2014),” kata Direktur Utama Angkasa Pura I, Tommy Soetomo, di Surabaya, Jumat (24/4).

Peringkat itu, di kategori bandara dengan jumlah penumpang 15 – 25 juta penumpang per tahun, ACI melakukan penilaian di 31 bandara di dunia. Dari penilaian itu ada dua bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yang memenuhi syarat yakni Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Di kategori lain, bandara dengan jumlah penumpang 5 – 15 juta penumpang per tahun. Dari 79 bandara yang dinilai Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan berada di peringkat ke-16. Posisi itu berada di atas ranking Bandara San Antonio Texas di Amerika Serikat. “Selain itu, Bandara Penang di Malaysia dan Bandara Bengaluru di India,” katanya.

Airport Service Quality (ASQ) merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara. Survei itu dilakukan ACI yakni sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia dan berbasis di Montreal, Kanada.

“Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini antara lain suasana bandara, fasilitas belanja, fasilitas restoran dan tempat makan, ketersediaan bank/ATM/money changer, sarana hiburan dan rekreasi di bandara, keramahan dan kesigapan staf bandara,” katanya.

Bahkan, sejak 2006 survei ASQ telah melakukan penilaian terhadap kepuasan penumpang di lebih dari 250 bandara di dunia. Penilaian itu dilakukan dengan metodologi ilmiah, prosedur quality control yang ketat, serta komitmen untuk tidak berpihak dalam setiap penilaian survei ASQ. “Dan menjadikannya sebagai standar global untuk mengukur kepuasan penumpang di bandara,” jelasnya.

Setiap tahun, kata dia, ACI mewawancarai sekitar 550.000 penumpang di bandara, dan meminta mereka untuk menilai tingkat kepuasan atas layanan bandara. Meski demikian, pengelola bandara di dunia sangat selektif dan hanya mengajukan bandara terbaikn­ya untuk ikut survei ASQ. “Dari Indonesia, Angkasa Pura I mengikutkan empat bandara sementara Angkasa Pura II lima bandara,” lontarnya.

Berdasarkan survei tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada di ranking ketujuh dunia di kategori 5-15 juta penumpang per tahun. Sekaligus merupakan bandara Indonesia dengan ranking dunia terbaik di kelasnya.

“Hasil ini menunjukkan upaya peningkatan level of service yang telah dilakukan Angkasa Pura I selama ini cukup berhasil. Untuk itu, kami bertekad meningkatkan layanan di bandara sehingga visi Angkasa Pura I untuk menjadi 10 besar perusahaan pengelola bandara terbaik di As­ia di tahun 2020 bisa terwujud,” ucapnya seperti dilansir laman Antara. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.