Hati-hati Berwisata di Pantai Congot, Buaya Liar Menghantui

0
791

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Seekor buaya dengan panjang lima meter berada di kawasan Pantai Congot Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Buaya liar diketahui berada di pintu muara Bogowonto Pantai Congot sejak Jumat malam (23/12/2016).

Koordinator SAR Wilayah V Kulon Progo, Samsudin mengatakan banyak orang yang melihat buaya tersebut. Mereka mulai dari kepolisian, Polisi Pamong Praja, warga, dan para anggota SAR. “Saya juga melihat wujud buayanya,” ujar Samsudin seperti dilansir laman Metrotvnews.com, Senin (26/12/2016).

Samsudin mengatakan SAR bersama petugas dari sejumlah elemen, termasuk Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mencari keberadaan buaya itu. Sebab, tak lama usai kemunculan, buaya tersebut menghilang.

Ia mengungkapkan, buaya liar akan diamankan di Wildlife Rescue Centre (WRC) DIY yang berada di Kulon Progo. Upaya pencarian itu direncanakan dengan tembakan dengan efek bius. “Kemarin melakukan pencarian tapi belum ditemukan,” kata dia.

Tim pencari buaya mencoba kembali pencarian pada Sabtu, 24 Desember. Saat malam hari, buaya tersebut menghilang di muara Pantai Congot. Pencarian kembali dilakukan sehari setelahnya atau Minggu, 25 Desember.

Upaya pencarian dengan umpan seekor itik tetap tak membuahkan hasil. Lantaran tak berhasil, pencarian akhirnya dihentikan. “Untuk progres pencarian kami abaikan. Kami fokus pada pengamanan pengunjung pantai. Kami imbau wisatawan di pantai lebih waspada,” sarannya. (*/MTO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.