HAN 2016: Anak Bisa Jadi Ujung Tombak Pariwisata

0
718

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Siapa bilang anak hanya bisa menghabiskan uang orangtua, atau cuma berhura-hura saja kerjanya. Ternyata anak juga bisa diajak untuk bekerja dan menghasilkan karya yang positif. Misalnya untuk bidang pariwisata.

“Anak juga bisa meningkatkan citra negeri ini, dan jadi ujung tombak bidang pariwisata,” kata Wahyu Harnomo, Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP&PA).

Menurut dia, anak bisa diajak untuk melakukan berbagai hal yang baik dan positif Seperti menggerakkan potensi wisata di daerah.”Kita memiliki Forum Anak Nasional. Mereka ini bisa jadi diajak bekerja sama untuk meningkatkan karya dan kreasi produk khas suatu daerah,” ungkap Wahyu.

Misalnya di Yogyakarta ada Desa Wisata. Anak-anakĀ  tersebut bisa dirangkul untuk mengajarkan cara membuat kerajinan yang bernilai positif kepada ibu-ibu di desa tersebut. “Anak-anak ini kan maju dan kreatif. Jadi cukup banyak ide yang bisa mereka kerjakan bersama ibu-ibu di desa. Tentunya setelah pulang sekolah,” tambahnya.

Hari ini 23 Juli, bertepatan dengan Hari Anak Nasional, yang peringatannya dipusatkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Banyak kegiatan yang diadakan dalam rangkaian HAN 2016 ini. Ada kegiatan Forum Anak yang berlangsung pada 19-22 Juli, yang dihadiri 545 orang anak du Utusan Forum Anak Provinsi. Mereka berkesempatan berdialog dengan Presiden Jokowi, dan membacakan deklarasi Suara Anak Indonesia.

Wahyu menambahkan tema HAN 2016 adalah Akhiri Kekerasan Pada Anak. Anak Indonesia memiliki kesempatan seluar-luasnya untuk mengembangkan dan mengekspriskan diri dalam berbagai kegiatan yang positif.

Peringatan HAN diharapkan. Menjadi momentum penting untuk menggugah keramahan dan kepedulian terhadap anak, melalui pengasuhan keluarga. Terutama pencegahan perkawinan ysia anak, agar anak dapat menjadi pewaris bangsa yang berkualitas. (boendayoely@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.