Gunung Api Bawah Laut, Destinasi Wisata Langka di Sangihe

0
1165
gunung api bawah laut di Pulau Mahangetang (Foto: Otonomi.co.id)

SANGIHE, bisniswisata.co.id: Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara memiliki objek wisata langka yang menarik banyak wisatawan. Objek itu adalah gunung api bawah laut yang berada di Pulau Mahangetang Kecamatan Tatoareng. “Objek wisata gunung api bawah laut Mahangetang menjadi andalan wisata ke Kabupaten Sangihe, karena tempat semacam ini langka,”kata Sekretaris Dinas Pariwisata Sangihe WCC Labesi di Tahuna, Selasa (28/2/2017).

Dengan kondisi langka tersebut, objek wisata ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. “Wisatawan mancanegara dan domestik sangat tertarik dengan objek wisata di pulau Mahengetang,” kata dia.

Pemerintah daerah melalui dinas pariwisata, kata dia sudah menyiapkan armada bersama peralatan selam bagi wisatawan yang akan berkunjung ke pulau Mahengetang. “Kami telah menyiapkan kapal dan peralatan selam untuk wisatawan yang ingin menikmati indahnya gunung api bawah laut di Mahengetang,” kata dia seperti dilansir laman Antara.

Kapal yang disiapkan pemerintah daerah, sambung dia, mempunyai dua mesin tempel yang berkekuatan masing-masing 40 PK dan mampu mengangkut wisatawan sebanyak 20 orang. Untuk menunjang objek wisata utama ini, kini juga menyiapkan objek wisata pantai yang berada di kecamatan Tahuna Barat dan wisata alam yang berada di puncak Pusunge kecamatan Tabukan Utara. “Ada dua destinasi buatan yang kami siapkan yaitu lokasi puncak Pusunge untuk kegiatan paralayang dan pantai Kolongan Beha,” kata dia.

Dua lokasi wisata ini untuk mengisi kekosongan sebelum menuju pulau Mahengetan ataupun sekembalinya dari menikmati gunung api bawah laut. “Kami harus menyiapkan objek wisata untuk mengisi kekosongan ketika berada di Tahuna,” kata dia

Selama ini Kepulauan Sangihe sebagai salah satu destinasi wisata selam yakni underwater volcano di Sulawesi Utara, memang belum setenar Bunaken. Padahal, ada gunung berapi bawah laut. Karena termasuk dalam gunung api, suhu air di sekitar gunung api bawah laut Pulau Mahengetang mencapai 37-38 derajat Celcius. Gunung api bawah laut Pulau Mahengetang juga memiliki titik puncak yang sangat dekat dengan permukaan, yaitu sekitar 8 meter.

Tapi waspadalah saat menyelam, terutama jika Anda melihat ada gelembung-gelembung di antara bebatuan. Itulah puncak gunung atau titik kepundan. Jangan sekali-sekali memasukkan tangan ke antara gelembung tersebut, karena dapat menyebabkan tangan melepuh.

Namun yang pasti, gunung berapi bawah laut merupakan salah satu suguhan yang unik menarik bagi para penyelam. Kapan lagi bisa melihat banyak gelembung di dalam air! Selain memiliki gunung api bawah laut yang dangkal, perairan Pulau Mahengetang juga memiliki alam bawah laut yang cantik. Jika menyelam di perairan ini, Anda bisa menemukan biota laut dari jarak dekat. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here