Guizhou Tawarkan Sensasi Berkendara di Atas Awan

0
501
Jembatan Beipanjiang di China (Foto: AFP)

GUIZHOU, test.test.bisniswisata.co.id: Sungai Beipanjiang yang masuk wilayah Liupanshui di Provinsi Guizhou, Tiongkok, tampak seperti selokan yang meliuk-liuk. Di kanan-kirinya, dua pegunungan mengapit sehingga sungai itu seperti urat nadi yang membelah lembah jika dilihat dari ketinggian.

Pemandangan itu dapat dilihat jika kelak Anda berkendara melewati Jembatan Beipanjiang. Saat melintasi jembatan itu, Anda seperti berkendara di atas awan. Betapa tidak, ketinggian jembatan itu mencapai 1.854 meter dari atas sungai dan membentang antara Liupanshui di Provinsi Guizhou hingga Xuanwei di Provinsi Yunan.

Menurut pejabat Departemen Transportasi Provinsi Guizhou, jembatan itu merupakan yang tertinggi di dunia. Saat ini para insinyur di Tiongkok baru saja merampungkan struktur jembatan sehingga kedua ujungnya telah terhubung.

Selain ditopang tiang-tiang penyangga, badan jembatan itu ditopang kawat baja, mirip jembatan gantung. Pembangunan kawat penopang sepanjang 1.341 meter itu dimulai pada 2013 dan menghabiskan biaya sekitar 1 miliar yuan atau sekitar US$150 juta.

Menurut otoritas setempat, jika jembatan itu rampung, warga Tiongkok yang bermukim di wilayah Liupanshui, Provinsi Guizhou, hanya membutuhkan waktu kurang dari dua jam berkendara untuk mencapai daerah Xuanwei di Provinsi Yunan, atau tiga jam lebih singkat daripada sebelumnya.

Menurut otoritas setempat, jembatan itu bakal mengalahkan Jembatan Sungai Sidu di Provinsi Hubei, yang sebelumnya memegang rekor sebagai jembatan tertinggi di dunia dengan ketinggian 1.222 meter.

Beberapa jembatan tinggi di dunia saat ini memang berada di Tiongkok. Mereka bahkan memiliki Beipan River Shuibai Railway Bridge yang merupakan jembatan kereta api tertinggi di dunia. Kebetulan jembatan kereta api setinggi 275 meter itu juga melintas di atas Sungai Beipanjiang. Tak hanya itu, Tiongkok juga memiliki jembatan kaca terpanjang di dunia bernama Zhangjiajie Grand Canyon.

“Ketinggian jembatan ini (Jembatan Beipanjiang) dari sungai dapat disetarakan dengan bangunan bertingkat 200,” kata Wu Dahong, pejabat di Departemen Transportasi Provinsi Guizhou, seperti diunggah dari

Struktur jembatan, yang sebagian berada di atas Lembah Beipanjiang, merupakan jalan bebas hambatan yang terhubung ke Hangzhou di Provinsi Zhejiang dan Kota Ruili di Guizhou yang berbatasan dengan Provinsi Yunan. Dari 10 jembatan tertinggi di Tiongkok, tujuh di antaranya berada di Provinsi Guizhou.

Jembatan Beipanjiang akan dibuka secara resmi pada akhir tahun dan diharapkan dapat menjadi sarana infrastruktur yang mempersingkat jarak antara Guizhou dan Yunan. Nantinya, jembatan itu akan dilewati kendaraan untuk menghubungkan dua provinsi tersebut.

Ketika dibuka, Jembatan Beipanjiang juga akan mendapatkan penghargaan dengan kabel estoris jembatan baja terikat yang terpanjang kedua dan menara jembatan tertinggi ke-10 di dunia. (*/AFP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.