Gubernur DKI Ingin Anak Tak Mampu Rekreasi Tiap Bulan

0
458
Anak-anak berekreasi di Dufan

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Sebanyak 1.000 anak-anak dari keluarga tidak mampu di Jakarta mendapatkan hiburan gratis yakni berekreasi di Dunia Fantasi Ancol, Jakarta Utara. Rekreasi gratis ini digelar oleh Dinas Sosial DKI Jakarta bekerja sama dunia usaha dalam acara Hari Anak Nasional (HAN).

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, memberikan kesempatan bermain, berwisata, rekreasi merupakan hak bagi anak-anak. “Saya yakin di antara kalian ada yang belum pernah ke Ancol. Silakan nikmati permainan dan bergembiralah,” ujar Djarot saat membuka acara Hari Anak Nasional tingkat Provinsi DKI Jakarta di Dunia Fantasi, Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu (23/8/2017).

Acara rekreasi bagi anak-anak tidak mampu ini bisa dilakukan dua minggu sekali atau paling tidak sebulan sekali. “Tapi bergantian dengan anak-anak yang belum pernah ikut rekreasi ini,” katanya.

Dilanjutkan, anak-anak tidak mampu ini menjadi tanggung jawab negara. Mereka harus dibina dan dibimbing karena diperlihara oleh negara. “Saya sampaikan kepada pengelola panti anak dan Dinas Sosial agar memperhatikan anak-anak kita ini. Jangan meremehkan potensi anak-anak kita,” tuturnya.

Gubernur Djarot berpesan bahwa anak-anak memiliki hak untuk mendapatkan perhatian, pendidikan yang layak, pelayanan kesehatan yang memadai, serta mendapat hak untuk berekreasi.‎

Sesuai amanat Pasal ‎34 Ayat (1) Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, disebutkan fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Karena itu, mengacu pada konstitusi, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta wajib hukumnya memelihara, mengembangkan dan menggembirakan anak-anak terlantar, tambahnya.

Dari data Dinas Sosial DKI, sedikitnya ada 7.000 anak terlantar yang diurus DKI. Ribuan anak ini, berhak merasakan hal yang sama dengan anak lainnya. “Karena anak terlantar dipelihara oleh negara. Mereka berhak mendapatkan hal yang sama. Dan mereka masih punya masa depan yang panjang,” pungkas Djarot.

Disisi lain, Gubernur DKI Jakarta Djarot meminta kepada BUMD Ancol untuk menggratiskan anak-anak terlantar masuk ke Dufan. Perusahaan swasta pun diharap mau menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) untuk memperhatikan anak terlantar, anak tak mampu, anak-anak disabilitas.

“Saya mau sampaikan kepada kita semua kebahagiaan hakiki adalah ketika kita bisa membahagiakan orang lain. Termasuk, membahagiakan anak-anak kita semua. Supaya tak bosan-bosan memberikan CSR kepada anak kita,” pesannya (NDIK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here