GrabTaxi Luncurkan Kampanye #TaxiAman

0
964

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Banyaknya Taxi Jakarta yang tersedia dimana-mana kini memberikan alternatif lain untuk bepergian, selain itu beberapa orang merasa akan lebih aman jika mereka naik taxi dibandingkan kendaraan umum.

Namun bepergian menggunakan taxi Jakarta tidak sepenuhnya membuat Anda merasa aman, karena kejahatanpun juga sangat sering terjadi di dalam taksi juga.

Melihat hal tersebut dalam rangka meningkatkan brand awareness, Grab Taxi (aplikasi pemesanan taksi) meluncurkan kampanye #TaxiAman yang bertujuan untuk mengajak publik agar memilih taksi yang aman di tengah banyaknya kriminal. Salah satunya adalah dengan memesan taksi lewat aplikasi Grab Taxi.

Aplikasi GrabTaxi pertama kali diluncurkan di Malaysia pada 2012. Aplikasi tersebut sudah berekspansi ke lima negara Asia Tenggara lain yaitu Singapura, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

Hingga saat ini, total download dari keenam negara berjumlah tiga juta download dengan jumlah pengguna rata-rata 620.000 per bulan dan enam pemesanan taksi dalam satu detik.

“Aplikasi Grab Taxi merupakan aplikasi pemesanan taksi yang terpercaya dan aman, tak perlu khawatir dan takut menggunakan taksi,” ujar Head of Marketing Communication Grab Indonesia, Kiki Rizki pada acara Peluncuran Kampanye #TaxiAman dari GrabTaxi di Jakarta, Rabu (21/1/15).

Kiki mengatakan, “Kita punya kendali di tangan kita untuk terhindar dari berbagai risiko terpapar aksi kecurangan dan kriminal oleh oknum pengemudi. Inilah alasan mengapa kami menggelar kampanye #TaxiAman’.

Kiki Rizki (kiri) dan Marischka Prudence pada peluncuran Kampanye #TaxiAman. (foto. ist)
Kiki Rizki (kiri) dan Marischka Prudence pada peluncuran Kampanye #TaxiAman. (foto. ist)

“Selain itu, kami juga ingin membuktikan manfaat fitur keamanan di aplikasi kami,” ujarnya.

Sebagai upaya mendukung kampanye ini, Grab Taxi Indonesia menggandeng public figure dan influencer seperti travel blogger Marischka Pridence, penggerak industri kreatif Yoris Sebastian, DJ dan pengusaha Anton Wirjono serta Hogi Wirjono, dan aktris Indonesia Cassandra Sheryl Lee dan Stefhanie Zamora Husen.

“Para influencer nantinya akan merilis berbagai tips keamanan di taksi pada website yang akan di share lewat sosial media Twitter disertai dengan hashtag #TaxiAman,” jelas Kiki.

Dalam kesempatan tersebut, Grab Taxi juga memperkenalkan fitur aplikasi yang menurut Kiki merupakan keunggulan Grab Taxi.

Aplikasi ini ada fitur yang menjamin keamanan, misalnya My Driver Identity.  Selain itu juga ada fitur Share My Ride. Pengguna bisa share lokasi di sosial media agar keluarga atau teman mereka bisa memonitor perjalanan taksi dan bertindak cepat jika ada kejanggalan.

Selain mengusung kampanye #TaxiAman, Grab Taxi juga akan melakukan aktivitas promosi demi menjangkau lebih banyak pengguna. Salah satunya adalah dengan memberikan potongan Rp 20.000 bagi pemesanan taksi reguler dan premium lewat aplikasi Grab Taxi hingga akhir Februari 2015. (evi)

Berikut ini tips aman yang dapat dilakukan untuk menggunakan taxi :
1. Usahakan melakukan pemesanan taksi dengan aplikasi, agar lebih dapat mengetahui identitas pengemudi, dan melacak posisi kendaraan secara real time.
2. Apabila terpaksa menghentikan taksi di pinggir jalan, pastikan Anda memilih taksi yang legal dan berlisensi. Jangan tertipu dengan warna taksi yang hampir sama. Apabila sudah terlanjur menghentikan taksi yang salah, Anda berhak membatalkannya.
3. Biasakan duduk berlawanan dengan sopir agar dapat memperhatikan sopir.
4. Selalu catat nomor taksi dan nama pengemudi. Lalu, cocokkan foto dengan muka pengemudi untuk menghindari ”sopir tembak”.
5. Pilih taksi yang menggunakan argo karena lebih terpercaya, ini juga menghindari Anda dikenai biaya yang tinggi
6. Perhatikan sopir taksi yang mengemudi, jika penampilannya terlihat mencurigakan segera minta berhenti di tempat yang ramai.
7. Selalu pegang ponsel untuk keadaan darurat dan pastikan tidak habis baterai.
8. Bila Anda merasa kurang aman dengan taksi yang Anda tumpangi beritahukan orang terdekat Anda nomor taksi dan nama pengemudi serta tempat tujuan Anda. Ini bermanfaat untuk menjamin keamanan Anda dan memainkan psikologis pengemudi jika dia ingin berbuat tidak baik.
9. Fokus pada perjalanan Anda, ini memperkecil kemungkinan Anda di bawa muter-muter oleh pengemudi taksi. Jangan biarkan Anda dalam posisi yang tidak berdaya saat sendirian misalnya, tidur dan mabuk.
10. Selain waspada terhadap taksi yang Anda naiki, waspada juga terhadap sekeliling Anda. Pastikan pintu taksi sudah terkunci sehingga tidak ada orang luar yang tiba-tiba membuka pintu dari luar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here