Gianyar Anggarkan Rp3 Miliar demi Pengembangan Pariwisata

0
395
Tegalalang merupakan andalan wisata di Ubud-Gianyar, yang merupakan alam pedesaan dan persawaan yang terletak di sebelah utara Ubud Gianyar (Foto: Bali Bintours)

GIANYAR, BALI, bisniswisata.co.id: Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar menganggarkan sekitar Rp3 miliar untuk pengembangan destinasi wisata pada 2017. Anggaran sebesar itu digunakan untuk fokus pengembangan destinasi wisata di wilayah timur. Saat ini Kabupaten Gianyar telah mempunyai 61 objek wisata.

“Jadi akan ada beberapa pengembangan destinasi baru yang mulai dilakukan tahun ini. Salah satunya yang menjadi fokus kami pertama adalah pengembangan destinasi wisata ke daerah timur karena kami ingin mengembangkan destinasi baru yang mirip dengan Ubud,” papar Anak Agung Ari Brahmanta, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, ditemui media di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, Rabu (8/2/2017).

Menurutnya, Ubud sendiri sudah overload dan pihaknya menginginkan dengan pengembangan ke wilayah timur akan mengatasi permasalahan overload di Ubud dan berdampak pada pemerataan pendapatan. Destinasi wisata yang di kembangkan tahun ini di wilayah timur diantaranya yaitu Monkey Forest Blangsinga, Pura Blahbatuh, Museum Subak, serta pusat kuliner Gianyar.

“Kami harapkan dengan pengembangan destinasi wisata baru di wilayah timur ini bisa menjadi pilihan pasar yang sesuai dengan segmen pasar yang sudah ada sekarang ini yaitu pasar Tiongkok dan Eropa,” paparnya.

Masterplan pengembangan destinasi tersebut sudah disusun sejak tahun lalu dan pada 2017 ini sudah mulai proses perencanaan. “Selain mengembangkan destinasi di wilayah timur, kami juga berencana untuk mengembangkan wilayah utara. Namun, anggaran pengembangan destinasi wisata kami yang telah ditentukan akan fokus untuk pengembangan wilayah timur terlebih dahulu,” jelasnya.

Kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara ke wilayah Kabupaten Gianyar terus mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
“Sepanjang 2016 lalu, kunjungan wisatawan mancanegara ke Gianyar meningkat sekitar 7% dari tahun sebelumnya, dari 936.885 wisman selama 2015 naik menjadi 1,07 juta wisman selama 2016 dengan didominasi oleh wisman dari China yang mencapai 40% dari total kunjungan wisman selama 2016 lalu,” imbuhnya. (*/BIO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.