Gelombang Tinggi Pantai Baron, Satu Wisnus Hilang

0
1630
Pantai Baron (foto: www.initempatwisata.com)

YOGYAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Gelombang tinggi di pesisir pantai selatan DIY, menyebabkan sedikitnya empat perahu nelayan di Pantai Baron Gunungkidul rusak berat dan ratusan rusak ringan.

Juga Lima orang wisatawan asal Magetan, Jawa Timur, juga terseret ombak Pantai Baron, Gunungkidul, Rabu (25/5) siang. Empat korban diselamatkan, namun satu korban hilang.

Korban yang diselamatkan Muklis (12), pelajar, Firman (12) pelajar, Ira (12) pelajar, Sutini (50) guru SD Negeri 1 Panakan, Magetan, Jawa Timur. Satu siswa Dwi Setyo Novanto (12) pelajar asal Dusun Panekan RT06/01 Panekan Magetan Jawa Timur, hingga Kamis (26/05/2016) belum ditemukan.

Tingginya gelombang Laut Selatan dalam tiga hari terakhir, disebabkan perbedaan tekanan udara antara wilayah utara dan selatan khatulistiwa yang menyebabkan angin berhembus ke selatan termasuk perairan Jawa.

Petugas Pengamat Stasiun Cuaca BMKG DIY Indah Retno Wulan menjelaskan, penyebab gelombang Laut Selatan tinggi adalah kecepatan angin yang lebih tinggi dari rata-rata.

Dengan kondisi tekanan udara 1000 hektopascal di wilayah utara sementara di selatan 1022, mempengaruhi kecepatan angin termasuk di perairan selatan Jawa yang hingga mencapai 38 kilometer perjam. ‚ÄúDitambah lagi dengan suhu rendah di selatan Sumatera,” katanya.

Kondisi ini masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan dan akan semakin meningkat saat fenomena bulan purnama yang membuat air laut pasang.

Selain itu, ujar Retno, badai yang terjadi di teluk Benggala yang mencapai 990 hektopascal menjadikan tekanan udara di wilayah utara sempat semakin rendah.

Gelombang pantai Selatan tetap akan mencapai tiga hingga lima kilometer sehingga masyarakat nelayan dan wisatawan sebaiknya menghindari gelombang tinggi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.