Gejolak Perang Irak Tak Sulutkan Baghdad Fashion Show

0
631
Baghdad Fashion Show (foto: Alarabiya.net)

BAGHDAD, Bisniswisata.co.id: Model berkaki panjang dengan pakaian mencolok melanggak-lenggok di cat-walk, di depan orang-orang kaya Irak, yang sama sekali tak terkena dampak perang. Itulah suasana Baghdad Fashion Show edisi pertama, Jumat (13/3).

“Ini upaya, dalam situasi politik dan keamanan saat ini, untuk mendukung pemerintah dan masyarakat,” ujar Sinan Kamel, panitia dan perancana busaha Irak, seperti dilansir Alarabiya.vet, Sabtu (14/3/2015).

Menurut Kamel, fashion show tidak sekadar menampilkan busana karya terbaru perancang Irak, tapi sebuah acara yang membawa pesan kepada dunia bahwa Irak masih hidup.

Baghdad Fashion Show digelar di Royal Tulip Hotel. Meski sekian ribu pasukan Irak menerima gaji tak tentu, dan lainnya bertaruh nyawa di medan laga, fashion show berlangsung meriah dan mewah.

Royal Tulip Hotel masih dikenal sebagai Hotel Rasheed, bangunan megah yang dibangun di era Saddam Hussein. Hotel berdiri di zona hijau di pusat kota Baghdad. Masih terlihat tumpukan karung-karung di depan hotel.

Sekitar 500 orang terlibat dalam pergelaran ini. Sebanyak 16 model wanita, silih berganti berjalan di cat-walk, mengenakan karya enam desainer.

Banyak kreasi dan variasi, tapi tetap ada satu tema; tradisional Arab. Salah satu koleksi menampilkan pola kaffiyeh hitam dalam desain perkotaan modern. Penonton terpukau.

“Kami tidak melihat hal-hal ini seperti sesering mungkin,” ujar Mohamed al-Hamdani, pengacara muda Baghdad yang tampil dengan celana hipster ketat, jeans, dan blazer abu-abu.

“Ini fashion show pertama saya. Ini perasaan terbaik saya,” lanjutnya.

Pada saat yang sama jauh di luar Baghdad, 30 ribu tentara Irak dan milisi Shiah bertaruh nyawa untuk merebut Tikrit dari tangan ISIS. Di Baghdad, bom bunuh diri bisa setiap saat meledak, menebarkan kematian di jalan-jalan. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.