Garuda Terpelosok, Bandara Lombok Kehilangan 4.000 Penumpang

0
1023

JAKARTA, BISNISWISATA.CO.ID: Bandara Internasional Lombok di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), kehilangan 4.000 penumpang pada Rabu (4/2) dan Kamis (5/2). Mengingat, bandara itu ditutup selama dua hari akibat insiden pesawat Garuda, yang terjadi Selasa (3/2) petang.

Pesawat Garuda ATR 72600 tergelincir di landasan pacu, saat mendarat. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun badan pesawat menghalangi landasan pacu, sehingga jalur tak bisa didarati atau pun dilepas landasi pesawat lain. Akibatnya, penerbangan ditutup sementara sampai pesawat itu dievakuasi.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura 1, Pudjiono, Bandara Internasional Lombok melayani sepuluh sampai sebelasi pesawat per hari. Total penumpang sekitar 2.000 orang per hari. Artinya, dalam kurun waktu dua hari yang dibutuhkan untuk mengevakuasi pesawat, Bandara telah kehilangan lebih 4.000 penumpang.

Angkasa Pura semula berharap evakuasi pesawat Garuda yang tergelincir itu selesai pada Rabu malam, 4 Februari 2015, sehingga Kamis pagi, Bandara sudah bisa beroperasi normal. “Tapi baru bisa dipindahkan siang ini pukul 14.32 Wita,” katanya dalam keterangan pers pada Kamis, 5 Februari 2015.

Angkasa Pura bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) NTB telah mengevakuasi badan pesawat Garuda yang sempat menghalangi landasan pacu. Segera setelah pesawat Garuda itu diparkirkan, pesawat Citilink dari Surabaya mendarat mulus di lintasan.

Dijelaskan, komunikasi tetap berlangsung setiap jam terkait proses evakuasi pesawat. Citilink memberangkatkan pesawatnya dengan mengacu informasi pertama. “Mungkin Citilink terbangkan pesawat menuju Lombok saat informasi pertama. Alhamdulillah, evakuasi sudah aman, baru mendarat,” ujarnya seperti diunduh laman Viva.co.id, Kamis (5/2/2015).

Pesawat Garuda yang tergelincir itu berhasil dipindahkan dengan ditarik kendaraan berat pada Kamis siang. Dibantu 60 petugas gabungan dari tim SAR dan KNKT. KNKT belum memberikan keterangan terkait penyebab tergelincirnya pesawat itu. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.