Gangguan Mesin, AirAsia Tujuan Arab Balik ke Malaysia

0
1335

KUALA LUMPUR, BISNISWISATA.CO.ID: AirAsia X mengatakan sebuah pesawat rute jarak jauh Malaysia-Arab Saudi terpaksa harus balik lagi ke Kuala Lumpur, setelah lepas landas karena gangguan teknis, Minggu (8/2/2015).

Pesawat itu berputar-putar dulu selama beberapa jam sebelum mendarat dengan selamat di Kuala Lumpur. AirAsia X adalah anak perusahaan maskapai murah AirAsia yang khusus melayani rute jarak jauh.

Kepala Eksekutif AirAsia Kamarudin Meranun mengatakan kerusakan terjadi pada sistem auto-thrust 45 menit setelah lepas landas. Pilot kemudian beralih ke manual thrust dan sebetulnya bisa meneruskan penerbangan, namun memutuskan untuk kembali karena masih sangat awal dari rencana penerbangan 10 jam ke Jeddah, ujarnya.

Pesawat Airbus A330 itu berputar-putar selama empat jam di atas Selat Malaka untuk mengurangi bahan bakar dan mencegah risiko hard landing, kata Kamarudin.

“Tidak ada kondisi darurat. Ini bukan masalah keselamatan, hanya tindakan berjaga-jaga. Keselamatan adalah hal paling utama bagi kami,” kata Kamarudin seperti dilansir The Associated Press.

Maskapai tersebut menambahkan pesawat dengan nomor penerbangan D7172 itu mendarat di Kuala Lumpur International Airport pukul 17:40 waktu setempat, lebih dari lima jam setelah lepas landas. Para penumpang dipindahkan ke pesawat lain yang berangkat di hari yang sama. ****

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.