Gairahkan Wisata Belanja, APL Tawarkan Trade Mall

0
731
Taman Mall Kenari Mas, wisata belanja kebetuhan rumah tangga

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Wisata belanja di Jakarta kian bergairah. Kunjungan wisatawan nasional dan mancanegara yang memburu barang murah dan berkualitas, grafiknya terus meningkat. Dampaknya, Plaza, Mall dan Town Square yang dilengkapi berbagai sarana rekreasi keluarga seperti bioskop, arena permainan elektronik serta pusat kuliner semakin tumbuh dan berkembang.

PT. Agung Podomoro Land (APL) yang memiliki 10 pusat perbelanjaan ikut menyemarakkan dairah wisata belanja di Jakarta. Bahkan lakukan inovasi dengan mensinergi brand di bawah payung trade mall. Sinergi ini, demi meningkatkan pelayanan, memberikan nilai tambah kepada pengunjung dan meningkatkan daya saing bisnis ruang ritel.

“Perubahan brand menjadi Taman Mall, untuk lebih mendekatkan masyarakat terhadap produk-produk Agung Podomoro yang tersebar di Indonesia, khususnya Jakarta dan Balikpapan,” papar AVP Marketing Trade Mall Agung Podomoro, Ho Mely Surjani disela-sela pengundian Taman Mall Agung Podomoro Vaganza 2016 di Taman Mall Kenari Mas Jakarta, Ahad (25/09/2016).

Selama ini, lanjut Mely, masyarakat maupun wisatawan mengenal berbagai pusat perbelanjaan milik Agung Podomoro, baik mal maupun trade center. Namun, belum banyak mengetahui bahwa ke- 10 pusat perbelanjaan sekarang berada dalam satu grup usaha Taman Mall Agung Podomoro.

Kawasan komersial yang masuk dalam Taman Mall, antara lain Mangga Dua Square, The Plaza Balikpapan, dan Blok M Square. Juga Plaza Kenari Mas, LTC Glodok, dan Harco Glodok masuk kategori tools market . Trend mall disematkan untuk pusat perbelanjaan Seasons City, Kalibata City, dan Thamrin City. Untuk Blok B Tanah Abang adalah textile market .

“Jadi, semuanya serba Taman Mall (TM). Dengan perubahan ini, penyebutannya menjadi TM Mangga Dua Square, TM Thamrin City, dan seterusnya. TM ini berbeda dengan mal, tapi kita hadirkan kenyamanan dan fasilitas yang sekelas mal. Di TM, kios-kios bisa dimiliki, sedangkan mal hanya disewa, umumnya oleh produk branded ,” kata Mely.

Di Taman Mall ini, sambung Mely, semua kebutuhan masyarakat maupun wisatawan belanja terpenuhi karena trade mall ini lebih kepada kebutuhan yang dibutuhkan, dengan kata lain jika butuh batik misalnya ya Thamrin City. “Selain harganya lebih murah dengan harga grosir, kenyamanan dan keamanan wisatawan juga dirasakan wisatawan,” ungkapnya.

Disisi lain, di Taman Mall juga berbagai merk, produk lokal hingga internasional semuanya tersedia. Juga untuk memanjakan pengunjung dilengkapi berbagai fasilitas mulai wifi, food cort, tempat bermain anak hingga hotel maupun penginapan.

“Memang APL menyediakan kebutuhan yang memudahkan wisatawan, sehingga dapat menekan anggaran, tidak buang waktu dan tenaga karena semuanya tersedia dalam satu paket yang semakin memudahkan, juga dapat berwisata belanja secara aman, nyaman serta memuaskan, juga ada hadiahnya yang sangat banyak dan besar,” tambahnya.

Ditambahkan untuk memperkuat sinergi ke- 10 pusat perbelanjaan tersebut, TM Agung Podomoro menyelenggarakan campaign event di 7 lokasi bertajuk TM Agung Podomoro Vaganza 2016, hanya dengan belanja Rp100.000 berkesempatan meraih hadiah 9 mobil. Sebagai apresiasi bagi pengunjung TM yang berbelanja, hadiah utama berupa satu unit mobil New Fortuner VRZ.

Michael Wijaya, Marketing Manager PT Catur Mas Karsaudara yang mengelola Taman Mall Kenari Mas Jakarta menambahkan setelah melakukan akuisisi Plaza Kenari Mas, banyak perubahan 180 derajat secara bertahap. Di awali dari peremajaan eksterior dan interior. Misalkan menggantikan dan menambah fasilitas toilet, exkalator dan lift,serta jaringan Wi-Fi.

Setelah itu , dilakukan penambahan fasilitas keamanan dan CCTV 24 jam, area bermain anak, musholah, area parker, dan perbaikan fasilitas secara menyeluruh. Kini proses peremajaan terus di lakasnakan.

Diharapkan setelah fasilitas dilengkapi dan ada pembagian zona yang jelas, pengunjung merasa lebih nyaman. Lebih-lebih PT Caturmas Karsaudara juga terus mengadakan program untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan sejumlah program promosi seperti belanja berhadiah dan potongan diskon.

Langkah tersebut tak sia-sia. Dulu, ekupansi kios berkisar antara 200-300 kios, kini setelah diakuisisi dan dilakukan peremajaan, ekupansi Plaza Kenari Mas meningkat menjadi sekitar 800-900 kios. Hasilnya, lalu lintas pengunjung perhari semangkin ramai, hingga mencapai 10 ribu hingga 13 ribu orang per hari, paparnya.

“Sudah bukan menjadi hal yang mengagetkan, bila ada warga ujung Sumatra bagian utara, Sabang, atau ujung timur dari Papua, Maraoke berhubungan dengan pedagang di kawasan Kenari, terutama pedagang di Taman Plaza Kenari Mas,” tandasnya.

Ditambahkan, menjawab tantangan pelayanan kedepan, besarnya kunjungan konsumen dari daerah, Taman Plaza Kenari Mas akan menghadirkan penginapan. Rencananya akan hadir hotel untuk memenuhi kepentingan konsumen,” tambahnya.

Sebelumnya Plaza Kenari Mas masih di dominasi pedagang tradisional, tapi kini secara bertahap menuju modern market. Maka, guna mengantisipasi pesatnya perkembangan teknologi, Taman Plaza kenari Mas mempersiapkan diri menyambut technology market era.

“Untuk itu pengelola mall spesialis menghadirkan zona khusus di lantai tiga, bernama Smart Solution Center yang terdiri dari kurang lebih 250 kios. Apalagi melihat fenomena teknologi yang semakin memanjakan, kami membuat zona dilengkapi ruangan pameran interaktif dari para tenant. Setiap ada teknologi baru, akan diperlihatkan di area ini,” katanya. (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.