Gaet Turis Filiphina, Jalur Laut Davao-Bitung Dibuka April 2017

0
503
Kapal pesiar Queen Mary 2 bersandar di pelabuhan Indionesia

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Indonesia dan Filipina mematangkan rencana pengoperasian jalur laut dengan kapal roll on roll off, yang menghubungkan Davao City Filipina menuju Pelabuhan Bitung Sulawesi Utara melalui Pelabuhan Gensan Filipina.

“Kapal diluncurkan pada April 2017. Dengan pembukkan jalut laut diharapkan ada peningkatan kunjungan wisata, perdagangan, bisnis kedua negara,” papar Konsulat Jenderal RI untuk Filipina, Berlian Napitupulu dalam siaran pers yang diterima Bisniswisata.co.id, Sabtu (25/02/2017).

Berlian meminta dukungan pelaku usaha dari kedua negara agar aktif meningkatkan perdagangan langsung dua negara itu. Tujuannya adalah agar arus barang yang melintas mendukung keberlanjutan jalur laut RoRo Bitung-Gensan-Davao itu.

Peluncuran rute laut kapal RoRo itu disampaikan Berlian dalam “Wednesday Media Forum” pada 15 Februari 2017 yang diselenggarakan Mindanao Development Authority, forum diskusi pejabat pemerintah, pelaku usaha, dan tokoh masyarakat setempat.

Di forum itu, Berlian mengatakan, tren perdagangan Indonesia-Filipina masih dibawah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Memang tidak merinci nilai perdagangan Indonesia-Filipina. “Perlu upaya pemerintah dan pelaku usaha kedua belah pihak untuk lebih meningkatkan volume dan nilai perdagangan bilateral.” ungkapnya.

KJRI Indonesia di Filipina berencana menggelar sejumlah kegiatan untuk mempromosikan potensi pedagangan, kuliner, kebudayaan, dan pariwisata Indonesia di Filipina selatan sepanjang 2017. Salah satunya First Indonesian Food and Beverages Expo (IFBE) di House of Indonesia di Davao City, Filipina serta Indonesia Culinnary Festival pada 17-19 Maret 2017.

Sementara pelancong Filiphina yang datang ke Bitung Sulut bisa menikmati berbagai wisata yang menjanjikan. Di kota yang berjarak 45 kilometer dari Manado ini terdapat berbagai obyek wisata menarik dan beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan wisata bahari.

Berikut daftar destinasi utama di Kota Bitung sebagai referensi buat Anda yang tertarik untuk mengunjungi kota di bagian Utara Pulau Sulawesi ini.

01. Selat Lembeh
Selat sepanjang 16 kilometer dengan lebar 1-2 kilometer ini memiliki 88 spot penyelaman yang tak kalah indah dibanding dengan Taman Nasional Laut Bunaken. Beraneka biota laut akan menyajikan pemandangan yang menarik termasuk ribuan jenis ikan seperti Mimic Octopus yang hanya ada di Lembeh.

02. Pelabuhan Bitung

Pelabuhan Bitung merupakan pelabuhan alam terbesar di Sulawesi Utara yang menjadi tempat berlabuhnya berbagai jenis kapal baik kapal penumpang, kapal kargo maupun kapal nelayan dan juga terdapat Dermaga khusus milik Angkatan Laut RI.

03. Dermaga Ruko Pateten

Merupakan dermaga super sibuk untuk taksi perahu menuju desa-desa yang ada di Pulau Lembeh dan juga tempat menambatkan perahu nelayan. Dermaga inilah akses menuju spot-spot penyelaman.

04. Monumen Trikora Mandala Sakti

Terletak di Batu Lubang, tepian Pulau Lembeh merupakan monumen sejarah Perang Dunia II. Terlihat dfengan sangat jelas dari daratan Bitung seakan menyampaikan ucapan selamat datang di Pulau Lembeh.

05. Taman Marga Satwa Tandurusa

Berlokasi di Aertembaga Bitung, di Taman Marga Satwa ini dapat dijumpai primata terkecil di dunia, Tarsius yang merupakan monyet kecil yang hanya terdapat di Pulau Sulawesi.

06. Airprang

Berada di Kelurahan Makawidey, Aertembaga, lokasi ini merupakan sumber air bersih bagi penduduk di sekitar Pulau Lembeh dengan formasi 300 lebih anak tangga.

07. Suaka Alam Gunung Batu Angus dan Gunung Tangkoko

Kawasan suaka alam Batu Angus berada di Kelurahan Makawidey Kecamatan Aertembaga, sementara Gunung Tangkoko berada di wilayah Kelurahan Batu Putih, Kecamatan Ranowulu.

08. Gunung Dua Saudara

Gunung kembar yang berada di Kecamatan Ranowulu ini sangat tepat bagi penyuka wisata alam tracking dan hiking.

09. Lokasi Perang Dunia II

Berupa lokasi karamnya kapal sewaktu Perang Dunia Kedua. Sangat tepat bagi penyelaman. Berada di dua lokasi yakni di bawah laut Kelurahan Mawali, Lembeh Utara dan di bawah Laut depan Bimoli, Kecamatan Madidir.

10. Pantai-pantai yang indah dengan Pasir Putih

Terdapat beberapa pantai indah dengan pasir putihnya di antaranya Pantai Millenium, Pantai Batu Putih, Pantai Langi, Pantai Tanjung Merah, Pantai Pasir Panjang, Teluk Kasuari, Teluk Kungkungan dan Teluk Walenekoko. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.