Foto Contest Fototrip Mangunan Populerkan Obyek Wisata Kabupaten Bantul

0
659

Hutan Pinus Mangunan ( foto: Anton Bayu Samudra)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Banyak cara yang dilakukan berbagai komunitas untuk mempromosikan pariwisata Indonesia melalui dunia fotografi seperti yang dilakukan @Kfm.jogja dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

“ Kami mengajak seluruh pecinta fotografi seluruh Indonesia, baik pemula maupun profesional untuk mengikuti National Photo Contest Fototrip Mangunan pada Minggu, 15 Januari 2017” kata Anton Bayu Samudra, penyelenggara kegiatan itu.

Event kerjasama antara @Kfm.jogja dengan Kemenpora ini didukung model-model profesional bertema Harmonisasi Alam dan Budaya (The Harmony Of Nature And Culture) sesuai dengan branding kota Kabupaten Bantul.

Pelaksanaannya memang berlangsung di hutan pinus Mangunan, Bukit Mojo Gumelan, jurang Tembelan dan sendang Mangunan, obyek-obyek wisata baru yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Kami menyediakan para model pula antara lain @nadiasellynda ( Runner-up 1 Putri Indonesia DIY 2017, @ociprischila, @tikalestika dan @shandiroseputrim. Sementara para juri selain saya sendiri juga ada Budi Prast dan Didik Yeri, jelas Anton.

Peserta bisa mendaftar dengan biaya Rp 100.000 dan hadiah untuk juara 1 sebesar Rp 2 juta dan mebdapat piagam, trophy serta sejumlah voucher senilai 250 ribu hingga 500 ribu serta hadiah lainnya. Untuk hadiah ke dua Rp 1,5 juta dan Rp 1 juta untuk pemenang ke tiga dengan piagam , trophy beragam voucher serta hadiah lainnya.

Masih ada hadiah untuk juara foto terbaik, juara landscape terbaik dan beragam doorprize serta dimeriahkan pula oleh EstehAnget (Gamelan Company) dan BrrrNada (Javanese Instrument)

Menyinggung lokasi hunting foto, Anton mengatakan Hutan Pinus Mangunan menjadi spot hunting foto yang menarik. Bagian dari hutan di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan ini ditumbuhi tanaman Pinus merkusi.

Sebelum menjadi salah satu destinasi wisata, hutan di kawasan Mangunan adalah sebuah tanah tandus yang kemudian direboisasi. Tak hanya pinus, jenis pohon lain seperti mahoni, akasia, kemiri dan kayu putih juga ditanam di lahan yang luasnya kurang lebih 500 Ha ini.

Obyek foto lainnya adalahNamun baru-baru ini, di dekat Kebun Buah Mangunan terdapat spot baru untuk selfie sekaligus menyaksikan panorama matahari terbit. Namanya Jurang Tembelan, yang secara administratif terletak di Dukuh Kanigoro. Lokasinya berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Kebun ini menjadi tempat populer untuk berfoto ria. Gardu pandang dan tebing berlatar liukan Sungai Elo dari kejauhan yang menjadi spot selfie menjadi daya tarik utamanya.

Wisatawan yang sedang dalam perjalanan menuju Kebun Buah Mangunan pasti melewati spot Jurang Tembelan. Ada dua gardu pandang dan satu gazebo selebihnya, hanya ada beberapa pepohonan dan dua warung yang menyediakan makanan ringan.

“Kini kawasan Mangunan, terutama bagian yang ditanami pohon pinus jadi tujuan wisata. Selain gardu pandang, ada panggung pertunjukan yang menyatu dengan alam, kamar mandi umum, mushola dan warung-warung sederhana” kata Anton Bayu Samudra.

Pemandangan tak kalah indahnya adalah .Bukit mojo memang masih tergolong baru, terletak di Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Bukit ini merupakan spot andalan untuk menikmati sunset di jogja.

“Di Bukit ini ada seperti gardu pandang yang terdapat di Bukit Panguk, menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan,” tambahnya. ( Hilda Ansariah Sabri).

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.