Food & Art Festival Sajikan Cocktail Asinan & Kopi Tubruk

0
652
Cocktail buah

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Kenikmatan saat menikmati cocktail adalah rasa buah dan alkohol yang menyatu. Namun cocktail seperti itu sudah biasa. Apa jadinya jika cocktail dicampur dengan asinan atau kopi tubruk? Semua itu bisa Anda cicipi di Cork & Screw dalam acara yang digelar Food & Art Festival: Cita Rasa Indonesia di Plaza Indonesia, Jakarta, selama Agustus 2017.

Menurut Public Relation Cork & Screw, Kitty Sasauw ide pembuatan cocktail ini hadir untuk mengenalkan kekayaan Indonesia. Karena beberapa cocktail internasional pun memiliki komposisi herbal. Dan Indonesia tampil sesuai dengan cita rasa Nasional, yang ternyata tak kalah menariknya dengan cocktail dari luar.

“Jadi kami mau tunjukin kalau cocktail bukan cuma identik dari internasional, Eropa ataupun Amerika. Tapi dari Indonesia juga bisa kok buat cocktail dengan based-nya rasa indonesia,” ujar Kitty, Jumat (04/08/2017).

Empat rasa yang ditawarkan, yakni asinan, kopi tubruk, STMJ dan neng geulis. Masing-masingnya memiliki rasa yang menarik. Salah satu yang menarik perhatian adalah asinan yang berisikan sirup, dan wine. Untuk mempercantik penampilannya diberi beberapa potong buah mangga di atasnya.

Rasa berikutnya yang menjadi favorit adalah neng geulis. Cocktail ini dibuat dari sirup pohpohan, jeruk nipis, telur putih, dan daun bombay. “Ini semua dijual full selama Agustus di Plaza Indonesia. Karena kami kerja sama dengan Cita Rasa Indonesia,” tuturnya.

Jika cocktail rasa Indonesia ini disambut baik oleh masyarakat, Cork & Screw akan terus menghadirkan menu tersebut di outletnya. Dari keempat rasa akan dipilih satu yang paling menarik perhatian. “Karena kami setiap bulan ada spesial cocktail yang memang based dari group planning. Jadi kami pengennya feedbacknya bagus dan enak, kita lanjutkan,” katanya.

Gelaran Food & Art Festival ini untuk pertama kali dipersembahkan Plaza Indonesia dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 pada 17 Agustus. Memang, banyak acara bertema kemerdekaan diadakan di beberapa wilayah Indonesia. Biasanya, perlombaan panjat pinang hingga balap karung menjadi beberapa kegiatan yang turut menyemarakkan perayaan ini.

Namun, tak hanya perlombaan, berbagai hidangan khas Nusantara pun biasanya turut ditawarkan oleh restoran hingga hotel. Indonesia yang dikenal memiliki keberagaman kuliner bercita rasa tinggi dari Sabang sampai Marauke membuat makanan khas Nusantara tak pernah luput untuk disajikan di saat Hari Kemerdekaan RI.

Selama sebulan ke depan, acara ini akan memanjakan lidah para penikmat kuliner dalam bersantap makanan khas Nusantara. Acara yang sengaja diadakan untuk mempererat rasa nasionalisme masyarakat Indonesia itu menghadirkan berbagai hidangan dari beberapa gerai makanan pilihan yang berlokasi di Plaza Indonesia.

“Kami ingin mengajak kaum urban untuk lebih mencintai negara dan budayanya sendiri dengan menyelenggarakan acara Indonesia Food & Art Festival. Melalui acara ini kami ingin mendukung industri kuliner Indonesia, sekaligus memperkenalkan masakan Nusantara ke mata dunia,” ujar Zamri Mamat, General Manager Marketing & Communication PT. Plaza Indonesia Realty Tbk.

Beberapa gerai pun turut berpartisipasi dalam acara ini. Mereka menyajikan hidangan yang dimodifikasi menjadi lebih modern, baik dari segi rasa maupun cara penyajiannya. Misalnya seperti Sari Ratu yang menyajikan Rendang 7 Rasa, MDL dengan Liwetan 17 Provinsi, Kafe Betawi yang menghidangkan Nasi Goreng Melinjo dan Nasi Jenggo.

Juga, Rempah Kita dengan aneka makanan khas Manado, dan Cork & Screw dengan aneka minuman cocktail non-alcohol. Ada pula Kichenette yang khusus menyajikan berbagai macam dessert yang dimodifikasi dengan cita rasa Indonesia, AMKC Atelier yang menghidangkan masakan khas Indonesia dengan plating yang lebih modern, serta gerai F&B lainnya yang bisa kamu temukan langsung di acara ini.

Menariknya, tak hanya restoran khusus masakan Indonesia saja yang terlibat dalam acara ini. Beberapa restoran yang biasa menyajikan hidangan Barat juga ikut berpartisipasi khusus menghidangkan masakan Indonesia dengan gaya Nusantara. Sebut saja Bistro Baron yang menghidangkan rawon dengan menggunakan daging sapi Amerika yang lembut. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.