Home FILM Film “Karbon dalam Ransel” Mengedukasi Perubahan Iklim Lewat Anak Muda

Film “Karbon dalam Ransel” Mengedukasi Perubahan Iklim Lewat Anak Muda

0
1237

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Apa itu perubahan iklim, apa dampaknya bagi bumi, dan bagaimana mengatasi perubahan iklim?. Semua itu terjawab melalui tayangan sebuah film berjudul “Karbon dalam Ransel”.

Film yang dipersembahkan Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) ini merupakan salah satu cara yang dilakukan DNPI untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

“Film ini merupakan salah satu implementasi dari Strategi Nasional Artikel 6 UNFCCC tentang pendidikan, pelatihan, kesadaran masyarakat, akses masyarakat terhadap informasi, partisipasi masyarakat dan kerjasama internasional perubahan iklim,” ujar Ketua Harian DNPI, Rachmat Witoelar pada peluncuran film “Karbon dalam Ransel” di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Jumat (19/12).

Menurutnya, peran anak muda dalam penanggulangan perubahan iklim sangat diperhitungkan. Di Konferensi Perubahan Iklim PBB, COP20 yang telah berlangsung di Lima (Peru) kemarin, perhatian dan peran anak muda di seluruh duni terhadap perubahan iklim sangat tinggi.

“Mereka telah membuat sebuah Deklarasi Global Anak Muda (Youth Global Declaration) yang salah satunya berfokus pada pendidikan perubahan iklim,” ungkapnya.

Divisi Komunikasi, Informasi dan Edukasi, DNPI Muhammad Ridwan Sholeh, menambahkan, “Melalui film ini gol terakhir yang ingin di dapat, yakni agar anak-anak muda lebih memahami dan menyikapi masalah yang kita hadapi, yakni perubahan iklim”.

“Tujuan pertama kami tidak hanya sekedar film yang hanya cinta-cintaan atau film-film hantu meskipun itu syah-syah saja. Ga ingin yang muluk-muluk tapi pesannya sampai dan jadi lebih baik,” tambah produser film Karbon dalam Ransel, Lia Amran.

Lia mengatakan, “Awal mendapatkan tawaran terfikirkan siapa lagi kalau bukan kita yang peduli, dan kapan lagi kalau mau berkontribusi selagi kita bisa. Yuk kita jaga bumi kita ini!”.

Bersama tiga bintang pe,eran Karbon dalam Ransel. (Foto.Evi)
Bersama tiga bintang pemeran Karbon dalam Ransel. (Foto.Evi)

Sebelumnya, DNPI telah meluncurkan lima film, yaitu tiga film dokumenter; “Setelah Hujan Datang”, “Lakukan Sekarang Juga” dan “Perubahan Iklim di Halaman Kita”, yang lainnya yaitu film anak berjudul “Bumiku” dan film remaja berjudul “Senandung Bumi” yang dibintangi Mikha Tambayong.

Film ini bukanlah film layar lebar, melainkan untuk diputar di televisi, website, youtube, dan di tempat-tempat pendidikan seperti kampus, sekolah, hingga komunitas tertentu.

Sinopsis

Film berdurasi hampir dua jam ini selain diisi dengan banyak pengetahuan tentang bahayanya perubahan iklim untuk kehidupan sehari-hari, juga penuh dengan candaan dan romantisme remaja yang mengiringi perjalanan ketiga pemain film ini, yakni Fauzan Nasrul sebagai Mario, Bobby Samuel sebagai Ence, dan Sheila Dara Aisha sebagai Chelse .

Film yang disutradarai Ray Nayoan ini menceritakan ketiga anak muda yang suka travelling. Mereka mencoba mengumpulkan 10.000 viewers untuk edisi video bog mereka.

Namun, Mario merasa risih atas kehadiran Chelsea yang sangat peduli dengan perubahan iklim. Ternyata, Chelsea juga sebal dengan Mario karena terlalu santai menanggapi pemanasan global.

Film tampak terlihat asyik dan tidak membosankan, karena dibumbui dengan komedi dan percintaan. Dan penonton diajak untuk membuka mata tentang bahayanya perubahan iklim akibat kegiatan sehari-hari. (evi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here