Film IT: Cetak Rekor, Bukti Dunia Suka Horor

0
589
Film IT

HOLLYWOOD, Bisniswisata.co.id: Para badut boleh marah karena disebut sebagai biang keladi peneror anak-anak. Penggemar Stephen King juga boleh kecewa, jika Pennywise tak mewakili harapan mereka saat membaca bukunya, atau berbeda dengan serialnya di tahun 1990-an. Tapi film It sukses besar.

Seperti diberitakan The Hollywood Reporter, Senin (11/09/2017) film It meraup penghasilan sebesar US$117,2 juta dari 4.103 teater di Amerika Utara. Dari pekan pertamanya itu saja, It sudah berhasil merajai box office Hollywood sekaligus memecahkan rekor bagi perfilman horor.

Penghasilan yang dikantongi It di pekan pertama itu bukan saja yang terbesar sepanjang September, tetapi juga menempati peringkat ke-tiga terlaris di pembukaan tahun ini, setelah Beauty and the Beast (US$174,8 jura) dan Guardians of the Galaxy Vol. 2 (US$146,2 juta).

Film berating R yang diadaptasi dari novel King itu mengalahkan Spiderman: Homecoming. Tak cukup sampai di situ, ia juga menjadi film horor dengan debut terlaris serta adaptasi novel King yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah. It pun membuat box office yang beberapa pekan belakangan lesu dan terpuruk 20 tahun terakhir, kembali bergairah.

Box office awal September tahun ini bahkan mengalahkan tahun lalu berkat It. Tahun lalu, Hotel Transylvania 2 merajai box office, meski penghasilannya hanya US$48,5 juta.

Bukan hanya domestik, It pun sangat dinanti di beberapa negara. Dari 46 negara pasar global, film yang digarap sutradara asal Argentina, Andres Muschietti yang sebelumnya sukses dengan Mama itu meraup US$62 juta. Artinya, pekan ini It dapat US$179,2 juta.

Padahal film yang dibintangi Bill Skarsgårds itu hanya diproduksi dengan bujet US$35 juta. Padahal lagi, ada badai Irma yang menerjang akhir pekan ini, membuat lebih dari 175 bioskop di Florida tutup pada Sabtu (9/9). Itu menurunkan penghasilan box office sekitar 4,5 persen. Artinya, masih ada sekitar US$5 juta yang bisa diraup It jika tak ada Irma.

“Hadapilah, orang suka horor. Dan ketakutan di dalam bioskop gelap yang diciptakan oleh sekelompok orang itu sama menyenangkannya seperti film itu sendiri. Itu sebabnya kenapa ia bisa melebihi ekspektasi dan mencetak rekor,” kata analis comScore, Paul Dergarabedian.

Masifnya penghasilan It mengingatkan pada suksesnya film Paranormal Activity 3 yang meraup US$52,6 juta hanya dalam hari pertamanya saja. Ia pemegang rekor horor sebelumnya. (*/CNN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.